Alasan Amien Rais Tak Penuhi Panggilan Polisi Atas Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 08 Okt 2018, 23:31 WIB
Amien Rais

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menjelaskan alasan ketidakhadiran Amien Rais saat dipanggil polisi menyangkut kasus kebohongan penganiayaan Ratna Sarumpaet.

“Memang pada saat itu jadwal Pak Amien Rais memang sudah sangat padat, tidak bisa ditinggalkan,” jelas dia di Jakarta, Senin (8/10/2018).

Soal Amien Rais yang tidak memberikan alasan atas ketidakhadirannya, Eddy mengaku belum tahu apakah sudah konfirmasi kepada kepolisian atau tidak.

“Tapi saya kira untuk urusan pemanggilan yang merupakan urusan warga negara akan dipenuhi Pak Amien yang patuh pada hukum,” ia melanjutkan.

Menurut dia, panggilan polisi tersebut relatif agak mendadak sehingga Amien Rais tidak bisa datang. Namun, dia mengatakan bahwa pada panggilan berikutnya Amien Rais akan hadir.

“Seperti diketahui, pemanggilan kepolisian itu dijadwalkan pada Rabu (10/10/2018) yang akan datang. Karena itu, Pak Amien Rais sebagai WNI yang patuh pada hukum akan memenuhi panggilan tersebut, insyaallah,” kata dia.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 of 2

300 Pengacara Siap Kawal

Amien Rais
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais. (Liputan6.com / Johan Tallo)

300 advokat siap memberikan bantuan hukum kepada Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais saat menjalani pemeriksaan di Polda Metro Kaya. Amien diperiksa sebagai saksi atas kasus penyebaran hoaks dengan tersangka Ratna Sarumpaet.

"Pada intinya kita sudah menyiapkan advokat untuk mendampingi tokoh-tokoh yang dilaporkan dan dipanggil," kata Jubir Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Habiburokhman saat konferensi pers di rumah pemenangan PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (8/10/2018).

Bahkan, kata Habiburokhman, jumlahnya bakal terus bertambah. "Temen-temen yang mendaftar sekitar 300-an. Cuma masih terus bertambah," imbuhnya

Ketua Bidang Advokasi dan Hukum Partai Gerindra itu memastikan Amien bakal memenuhi pemanggilan kedua pada Rabu 10 Oktober 2018. Juga anggota BPN Said Iqbal yang dijadwalkan akan diperiksa selaku saksi pada Selasa 9 Oktober 2018.

"Pak Amien sendiri sudah menyatakan akan hadir pada hari Rabu yang akan datang. Bung Said Iqbal besok juga akan kami dampingi," ucapnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓