Sukses

Demi Tingkatkan Kualitas Pendidikan, ANTAM Jalin Kerjasama dengan Dua Universitas Terkemuka

Penandatanganan nota kesepahaman antara Antam dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) perihal Pengembangan Program Studi Diploma III Teknologi Pertambangan yang dilakukan oleh Direktur Human Capital & CSR Antam, Johan NB Nababan dengan Direktur Politeknik Negeri

Liputan6.com, Jakarta Demi pengembangan program studi diploma III dan pengembangan akademik, PT Aneka Tambang jalin kerjasama dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) dan Universitas Syiah Kuala Aceh, Rabu (3/10/2018) di acara Indonesia Businees & Development Expo 2018 Surabaya.

Hal itu penandatanganan nota kesepakatan. Penandatangan ini juga merupaka refleksi dari pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan khususnya pada bidang pertambangan.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Antam dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) perihal Pengembangan Program Studi Diploma III Teknologi Pertambangan yang dilakukan oleh Direktur Human Capital & CSR Antam, Johan NB Nababan dengan Direktur Politeknik Negeri Malang, Awan Setiawan.

Dan yang kedua adalah Antam dengan Universitas Syiah Kuala Aceh perihal Kerjasama dalam Aktivitas yang Terkait dengan Akademik dan Join Studi oleh Samsul Rizal, Rektor Universitas Syah Kuala Aceh pada 3 Oktober 2018 di acara Indonesia Business & Development Expo 2018 Surabaya.

Direktur Human Capital & CSR ANTAM, Johan N.B.Nababan mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang memiliki tata kelola pelaksanaan CSR, ANTAM senantiasa berupaya mengembangkan potensi Universitas sebagai wujud pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan.

“ANTAM berharap kerjasama ini mampu memberikan stimulus positif dalam pengembangan kualitas pendidikan khususnya di Politeknik Negeri Malang dan Universitas Syiah Kuala Aceh,” ujar Johan dalam keterangan persnya.

Nantinya, ia meneruskan kerjasama antara Polinema akan berjalan selama 5 tahun dan memiliki ruang lingkup, pengembangan program studi diploma III teknologi pertambangan, pelaksanaan workshop, pendidikan dan pelatihan

Selain itu, ada pula beasiswa pendidikan, praktik kerja lapapangan mahasiswa, pengabdian kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional tambang, penelitian terapan, dan penyediaan sumber daya manusia sebagai dosen industri.

Sementara itu, untuk kerjasama dengan Universitas Syiah Kuala Aceh akan berjalan selama 4 tahun. Hal itu meliputi ruang lingkup, bidang akademik, joint study (JS) melalui tukar menukar informasi mengenai eksplorasi dan potensi mineral yang ada di Provinsi Aceh.

Selain itu ada pula usaha bersama mengindetifikasi peluang dan pendanaan penelitian bersama, kolaborasi dalam penelitian dan usaha bersama untuk mengindentifikasi potensi, kebutuhan, kesempatan, dam implementasi best practices dalam usaha pertambangan, pemegangan mahasiswa dan dosen peneliti.

Perlu diketahui, ANTAM memiliki 7 program unggulan demi tanggung jawab sosial perusahaan. Mulai dari peningkatan akses dan kualitas pendidikan, peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan.

Tak hanya itu, ANTAM juga memiliki program pengembangan ekonomi lokal, pelestrasian nilai sosial budaya masyarakat, konservasi dan rehabilitasi lingkungan, peningkatan kapsitas kelembagaan masyarakat dan pemerintah lokal serta program onedukung pengembangan masyarakat.  

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini