Sukses

Kemensos Siap Bantu Pemakaman Agung Petugas ATC Palu ke Makam Pahlawan

Anthonius Gunawan Agung, pengatur lalu lintas udara (ATC) Airnav, meninggal dunia dalam tugas saat gempa bumi di Palu.

Liputan6.com, Jakarta - Usulan agar almarhum Anthonius Gunawan Agung, pengatur lalu lintas udara (ATC) Airnav yang meninggal dunia dalam tugas saat gempa bumi di Palu, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), disambut positif oleh Kementerian Sosial.

Kemensos mengatakan, siap membantu pemakaman almarhum Anthonius Gunawan Agung di taman makam pahlawan.

"Seseorang yang berjuang atau punya semangat kepahlawanan tentu ada prosedurnya," kata Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras seperti dilansir Antara, Sabtu (6/10/2018).

Sebelumnya, almarhum Agung telah diberi penghargaan Adhikarya Dirgantara Pralabda atas dedikasinya dalam pekerjaan, yaitu memastikan pesawat Batik Air tinggal landas dengan sempurna, meski ia harus mengorbankan nyawa.

Pada saat gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Palu, Donggala dan wilayah sekitarnya di Sulawesi Tengah, 28 September lalu, Agung enggan turun dari menara ATC karena masih memberikan instruksi kepada pesawat Batik Air yang belum tinggal landas secara sempurna (airborne).

Akhirnya, setelah menyelesaikan tugasnya, Anthonius Gunawan Agung segera lompat dari lantai 4 menara dan mengalami kaki patah. Dia segera dibawa ke Balikpapan dengan helikopter, namun nyawanya tidak terselamatkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimakamkan di Makassar

Jenazah Agung telah dimakamkan di TPU Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa, 3 Oktober 2018.

Belakangan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan agar Agung dimakamkan di taman makam pahlawan, karena telah menjadi "contoh bagi insan transportasi".

Jika keluarga berkenan, Hartono mengatakan, jenazah Agung bisa dipindahkan ke TMP.

"Tentu setelah nanti ada proses yang dilakukan dari pihak Kodam setempat, kami akan usahakan apakah akan dimakamkan di TMP daerah setempat maupun di tempat lain, kita lihat nanti," kata Hartono.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.