Sukses

18 Pesawat Asing Bantu Distribusi Logistik ke Sulteng Dari 3 Lapangan Udara

Hari ini disitribusikan 480 ton bantuan ke daerah terdampak bencana di Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau), Marsekal Muda (Marsda) TNI Nanang Santoso, mengatakan 18 pesawat dari negara sahabat telah tiba di daerah bencana di Sulawesi Tengah.

Aramada tersebut ikut membantu mengangkut dan mendistribusikan batuan logistik melalui tiga lapangan udara, Halim Perdanakusuma, Balikpapan, dan Hassaanudin.

"Negara sahabat telah membantu mengirimkan pesawatnya seperti, Australa, Selandia Baru, Jepang, Malaysia, India, Qatar, Amerika Serikat, Inggris, dan Swiss," kata Nanang di Pangkalan Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (6/10/2018).

Pesawat negara sahabat yang dikirimkan, lanjut Nanang, terdiri dari pelbagai jenis. Ia mencontohkan Hercules, Airbus 400, C-17.

"Paling banyak Hercules," lanjut dia.

Menurut Nanang, bantuan terbanyak yang didistribusikan adalah kebutuhan prioritas, sesuai dengan permintaan di lokasi bencana Sulawesi Tengah. Bantuan itu berupa makanan siap saji, air bersih, tenda genset, dan solar untuk memabantu penerangan.

"Jadi total hari ini kami telah mendisrtribusi 460 ton, dengan jumlah penerbangan 101 angkutan udara, baik peawat TNI AU dan pesawat bantuan negara sahabat," Nanang memungkasi.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.