Aktivis Aceh Ini Protes Ratna Sarumpaet Disamakan dengan Cut Nyak Dien

Oleh Liputan6.com pada 05 Okt 2018, 16:04 WIB
Diperbarui 07 Okt 2018, 15:13 WIB
20161203-Tersangka-Makar-HZ1

Liputan6.com, Jakarta Pernyataan Hamun Salsabila Rais, putri Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien rais, yang memuji aktivis sosial Ratna Sarumpaet sebagai Cut Nyak Dien masa kini, diprotes oleh rakyat Aceh. Pernyataan tersebut dinilai telah melukai rakyat Serambi Makkah.

Aktivis Perempuan Aceh, Asiah Uzia, menilai tindakan Hanum menyamakan Ratna Sarumpaet dengan Cut Nyak Dhein sama saja merendahkan derajat pahlawan nasional asal Aceh tersebut.

"Cut Nyak Dien sangat dihormati dan diayomi oleh rakyat Aceh dan rakyat Indonesia," ujar Asiah, Jumat (5/10/2018).

Tak hanya itu, Asiah juga menilai tindakan Hanum telah melahirkan pencemaran nama baik pahlawan nasional asal Aceh. Lebih jauh, Asiah meminta dokter muda tersebut untuk menghayati perjuangan besar yang telah dilakukan Cut Nyak Dien untuk kemerdekaan Indonesia.

"Sehingga tidak dengan mudah memolitisasinya hanya untuk kepentingan sesaat," tegasnya.

Asiah juga menuntut Hamum Rais secara terbuka untuk mencabut pernyataannya dan meminta maaf kepada rakyat Aceh.

"Semoga ini bisa bermanfaat untuk kemajuan peradaban Indonesia dan Aceh," imbuhnya.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 2 halaman

Pesan Hanum Rais

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet saat konferensi pers terkait kasus penganiayaan yang dialaminya, Jakarta, Rabu (3/10). Ratna mengakui tidak ada penganiayaan yang diterimanya seperti kabar yang berkembang beberapa waktu terakhir. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Seperti diketahui, Hanum Rais menyebut Ratna Sarumpaet sebagai Cut Nyak Dien dan Kartini masa kini. Pujian itu dia sampaikan dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram miliknya, @hanumrais.

Namun, setelah Ratna mengakui kebohongannya, Hanum sudah menghapus video tersebut. Dia kemudian menyampaikan permohonan maafnya.

"Saya secara pribadi mohon maaf atas kecerobohan dalam mengunggah berita meski telah bertabayyun pada ibu Ratna S langsung, hingga pada akhirnya yang bersangkutan telah mengaku berbohong," tulis Hanum di akun Twitter resminya @hanumrais.

Reporter : Eko Prasetya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓