Sukses

Logistik Kurang, Korban Gempa Donggala Berebut Makanan dari Helikopter

Selain memberikan sejumlah barang bantuan dan pendataan korban gempa Palu dan Donggala, para petugas dan relawan juga mengevakuasi warga yang terluka dan sakit.

Fokus, Donggala - Sejumlah warga Desa Lambara, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, langsung berebut bantuan yang dibawa Tim Palang Merah Indonesia (PMI) ke wilayah mereka. Bantuan berupa bahan makanan langsung ludes dalam hitungan detik, Kamis siang kemarin.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (5/10/2018), kurangnya pasokan bantuan makanan dan bahan logistik lainnya ke wilayah ini membuat warga tidak mempedulikan putaran baling-baling helikopter yang bisa membuat mereka celaka. 

Gempa dan tsunami yang terjadi lebih dari sepakan silam membuat desa ini terisolasi, sehingga belum ada posko pengungsian dan dapur umum. Hal ini membuat PMI memilih untuk memberikan bantuan berupa makanan siap saji seperti roti.

Selain di wilayah Donggala, tim juga melakukan droping bantuan di sejumlah wilayah lainnya. Selain memberikan sejumlah barang bantuan dan pendataan korban, para petugas dan relawan juga mengevakuasi warga yang terluka dan sakit.

Tim menggunakan pesawat CN 235 milik TNI Angkatan Udara untuk menerbangkan korban ke kota lain yang memiliki perlengkapan medis yang lebih memadai. (Rio Audhitama Sihombing)Â