Naik Mobil Jeep, Jokowi Cek Kesiapan Pasukan di HUT TNI

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 05 Okt 2018, 10:48 WIB
Diperbarui 05 Okt 2018, 10:48 WIB
Naiki Mobil Jeep, Jokowi Cek Kesiapan Pasukan di HUT TNI
Perbesar
Naiki Mobil Jeep, Jokowi Cek Kesiapan Pasukan di HUT TNI (Liputan6.com/Radityo)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara HUT ke-73 TNI tahun 2018, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, hari ini, Jumat (5/10/2018). Sebelum upacara dimulai, Jokowi memeriksa pasukan dengan menggunakan mobil jeep terbuka.

Pantauan di lokasi, Jokowi tampak gagah berdiri di atas mobil jeep dengan didampingi protokoler mengitari lapangan upacara.

Jokowi memeriksa kesiapan tiap personel TNI mulai angkatan darat, laut, dan udara.

"Pasukan siap," ujar komandan upacara.

"Lanjutkan," balas Jokowi.

Tema peringatan HUT ke-73 TNI Tahun 2018 adalah "Profesionalisme TNI untuk Rakyat". Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, andal, dan semua tugas serta kewajibannya didarmabaktikan untuk rakyat, yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, yang merupakan napas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pantauan merdeka.com di lokasi, Jokowi tiba pukul 08.30 WIB yang didampingi oleh sang istri, Iriana Joko Widodo. Saat tiba, Jokowi pun langsung disambut oleh Panglima TNI dan beberapa Pati TNI lainnya yang saat itu pun langsung melakukan penghormatan.

Kemudian yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, yang sehari-harinya menjabat sebagai Asops Kosekhanud II, Pengucap Sapta Marga Perwira pertama Lettu Inf M Z Firmansyah, jabatan Dan Unit W3 Yon 12 Grup I Kopasus, dan sebagai cadangan Lettu Laut (S) Agung Yustian, Askadep Minlog KRI Sutanto 337 Satkor Koarmada 1, dan Lettu Pnb Dimas Aryan Nalendra jabatan Pa Pnb golongan VIII Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma.

Dalam upacara tersebut, dilakukan juga pemberian Tanda Kehormatan Republik Indonesia, yaitu Bintang Eka Paksi Nararya yang diwakili atau diberikan kepada Kolonel CPL Herry Keswanto, jabatan Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD, Bintang Jalasena Nararya diberikan kepada Kapten Mar Sunardi, jabatan Kasi UDK Kima Brigif l Pasmar Jakarta, dan Bintang Swa Buana Paksa Nararya diberikan kepada Peltu Argo Budi Prasetyo, jabatan Bintara adminku Progar spersau.

2 dari 3 halaman

Melibatkan 1.673 Orang

Pasukan yang terlibat dalam acara ini berjumlah 1.673 orang. Acara HUT ke-73 TNI ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh kotama Ops yang berlangsung di bumi Nusantara.

Dalam upacara, yang bertugas sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Timur Indonesia KSAD Jenderal TNI Mulyono, Pangdam Iskandar Muda bertindak sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Barat Indonesia, Danrem 131/Stg bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Miangas sebagai titik terdepan sisi Utara Indonesia, dan Danrem 161/WS bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Rote sebagai titik terdepan sisi selatan Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait