KPI Imbau Media Massa dan Televisi Siarkan Peringatan Dini Bencana Tsunami

Oleh Maria Flora pada 05 Okt 2018, 08:04 WIB

Fokus, Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengimbau pada lembaga penyiaran untuk membantu menginformasikan peringatan dini bencana alam, khususnya bencana tsunami.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (5/10/2018), bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), KPI mengundang perwakilan lembaga penyiaran dalam forum diskusi bertema Peran Lembaga Penyiaran Dalam Sistem Peringatan Dini Tsunami di kantor KPI di Jalan Juanda, Jakarta Pusat.

Keterlibatan media massa, khususnya media televisi, dinilai mempunyai peran penting untuk membantu menyiarkan peringatan dini bencana alam tsunami.

"Kami berharap dari forum ini, kita bikin template. Ketika terjadi bencana gempa bumi semua serentak, itulah kesahihan informasi sesungguhnya," ujar Ketua KPI Yuliandre Darwis.

Informasi yang disampaikan juga harus merupakan data BMKG yang dapat dipercaya. Bukan informasi hoaks yang meresahkan.

Dengan data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan milik BMKG, diharapkan dapat mencegah beredarnya hoaks di media sosial.

Selain itu, dengan peringatan dini yang disampaikan sistem penyiaran utama, maka akan memberikan kepercayaan bagi masyarakat terkait peringatan dini bencana. (Muhammad Gustirha Yunas)

Live Streaming

Powered by