Sukses


Sowan ke Ketua MPR, Dubes Belanda Tanya Tentang Strategi Indonesia

Dubes Belanda, Rob Swartbol, menanyakan keadaan pascagempa di Palu kepada Zulfikli Hasan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah mendapat kunjungan dari Yang Dipertuan Dewan Rakyat Malaysia atau Ketua DPR Parlemen Malaysia, Mohamad Ariff Md. Yusof, Ketua MPR Zulkifli Hasan kembali menerima kunjungan dari Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol.

Dalam kunjungan itu, Zulkifli menyampaikan terima kasih atas kedatangan Rob ruang kerjanya. Zulkifli juga sempat menyampaikan mengenai situasi atau bencana yang terjadi di Palu.

"Saat ini Palu dalam kondisi darurat, terutama mengenai listrik yang berkaitan dengan air bersih. Lalu, saat ini juga sedang melakukan evakuasi korban meninggal," jelas Zulkifli saat ditemui di kantornya, Kamis (4/10/2018).

Mengenai bencana tersebut, Rob menanggapi dengan menyatakan bahwa pemberitaan tentang gempa tersebut menjadi pemberitaan di Belanda, selama enam hari. Rob juga sempat menanyakan mengenai strategi yang dilakukan MPR pasca gempa.

"Jadi Indonesia ini menjadi negara cincin api dan saat ini banyak bencana yang terjadi di beberapa titik. Lalu bagaimana persiapannya dan strateginya, apakah sulit untuk melakukan pemilu?," kata Rob.

Pertanyaan itu pun langsung dijawab tegas oleh Zulkifli.

"Kalau untuk Lombok sekarang sudah masuk dalam rehabilitasi. Sementara Palu masih memberikan trauma dan banyak warga berpindah. Mungkin di kota ini akan ada sedikit pengalihan. Semoga semuanya berjalan lancar," jelas Zulkifli.

Selain bertanya soal strategi yang berkaitan dengan pemilu, Rob juga menawarkan bantuan pada Zulkifli.

"Prinsip utama kami, kalau Indonesia membutuhkan bantuan Belanda untuk melakukan pertukaran ilmu terkait bencana, kami akan sangat membantu," kata Rob.

 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.