Sukses

Heboh Gelombang Tinggi di Kolam Renang TNI AL Sidoarjo Sebelum Gempa Palu

Dalam video amatir yang beredar, terlihat gelombang besar mendadak muncul sesaat sebelum gempa dan tsunami menerjang sejumlah wilayah Palu dan Donggala.

Fokus, Sidoarjo - Munculnya gelombang tinggi di Kolam Renang Tirta Krida milik Lanudal TNI Angkatan Laut Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, saat gempa dan tsunami terjadi Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah, viral di media sosial.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (3/10/2018), dalam video amatir yang beredar di media sosial, terlihat gelombang besar mendadak muncul. Peristiwa itu terjadi Jumat, 28 September lalu, sesaat sebelum gempa dan tsunami menerjang sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah.

Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Angkatan Laut Juanda, mewakili pengelola Kolam Tirta Krida, membenarkan adanya gelombang air di kolam renang tersebut. Pihak Danlanud Angkatan Laut Juanda juga membantah informasi yang menyebutkan gelombang air berasal dari peralatan latihan Tim SAR.

Terkait peristiwa tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur menyampaikan, menurut data kegempaan dari BMKG Tretes Pasuruan, tidak ada catatan gempa di wilayah Jatim saat gelombang di Kolam Renang Krida Tirta Juanda itu muncul.

Hingga kini, BMKG Jatim masih melakukan pengkajian terkait munculnya gelombang di Kolam Renang Krida Tirta Juanda tersebut.

Apalagi berdasarkan pengakuan sang penjaga kolam, munculnya gelombang di Kolam Renang Tirta Krida juga pernah terjadi saat tsunami melanda Aceh dan Nias, dan ketika gempa di Yogyakarta. (Galuh Garmabrata)