Sukses

Rentetan Gempa di Negeri Cincin Api

Sebagai Negeri Cincin Api, Indonesia kerap diguncang gempa bumi. Lokasinya bisa di mana saja. Waktunya pun bisa kapan saja.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai Negeri Cincin Api, Indonesia kerap diguncang gempa bumi. Lokasinya bisa di mana saja. Waktunya pun bisa kapan saja.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan, sampai saat ini belum ada satu pun teknologi di dunia yang mampu secara akurat dan presisi memprediksi kapan gempa bumi terjadi.

Jika ada pendapat yang menyatakan mampu memprediksi kapan terjadi gempa bumi beserta kekuatan magnitudonya, LIPI memastikan itu adalah hoaks.

Sepanjang tahun 2018, Indonesia berkali-kali diguncang gempa bumi. Beberapa di antaranya tercatat berkekuatan lebih dari Magnitudo 6. Simak catatannya dalam Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Risiko Timur dan Barat

LIPI menyebutkan, kekuatan gempa di Indonesia bagian timur lebih besar dibanding Indonesia bagian barat.

"Pergerakan lempeng di Sumatera 15 mm per tahun, di Palu Koro 40 mm per tahun. Hampir tiga kali lipat," kata Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Eko Yulianto.

Meski demikian risiko lebih besar justru mengintai Indonesia bagian barat. Ini karena pembangunan di Indonesia timur tidak sepesat di Indonesia barat.

3 dari 3 halaman

Sadar Bencana

Mengingat Indonesia sangat rawan bencana, masyarakat perlu disadarkan soal mitigasi bencana. Dipersiapkan agar selalu siaga melalui penyadaran publik lewat publikasi temuan ilmiah tentang kebencanaan.

"Fakta ini harus diyakini agar masyarakat Indonesia siap menghadapi segala kemungkinan bencana," kata Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.