Sukses

Gempa Palu dan Donggala, Napi Dilepas Sementara karena Alasan Kemanusiaan 

Ada opsi memindahkan para narapidana setelah gempa menerjang Palu dan Donggala.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasona menyebut kondisi Lapas di Palu dan Donggala rusak akibat gempa yang terjadi pada Sabtu, 29 September 2018. Terpaksa, kata Yasonna, napi yang berada di lapas tersebut dilepas.

"Kan kondisinya parah banget, roboh. Jadi sementara karena alasan kemanusiaan dulu, lapasnya hancur, mau gimana? Tembok roboh, saat gempa susulan mereka khawatir tertimpa reruntuhan," kata Yasonna di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Meski para napi dilepas, Yasonna memastikan bahwa situasi itu hanya bersifat sementara. Setelah kondisi Palu dan Donggala kembali pulih usai diterjang gempa serta bangunan lapas sudah direhabilitasi, maka para napi akan kembali menjalani masa tahanannya.

"Tapi banyak (tahanan) yang melapor lagi," ucap Yasonna.

Yasonna memperkirakan jumlahnya 1.000 lebih narapidana yang ada di Donggala. Sementara di Palu berjumlah 400 hingga 500 napi.

"Nanti urusan berikutnya, biar tenang semuanya, nanti bisa dicari lagi. Sekarang unsur keselamatan masing-masing dululah. Sekarang concern mereka sama keluarga banyak yang korban kan. Diharapkan mereka terus membuat laporan," ujar Yasonna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Opsi Pemindahan

Menurut Yasonna, pihaknya punya opsi memindahkan para napi tersebut ke lapas di luar Sulawesi Barat. Hanya saja, langkah tersebut masih dikaji.

"Itu nanti kan terpaksa di luar dari Sulteng. Sekarang didata, kakanwil me-mapping solusi. Sementara ini banyak di antara staf kita berperan membantu orang-orang di sana," tandas Yasonna.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.