Sukses

Menpora Optimistis Kontingen Indonesia Youth Olympic Games Akan Berikan yang Terbaik

Lepas kontingen Indonesia Youth Olympic Games, Menpora optimis para atlet bisa berikan yang terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama Anggota Komisi X DPR RI Lathifah Shohib dan Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI) Muddai Madang, melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Youth Olympic Games (YOG) ke-3 Buenos Aires Argentina, di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018). Imam berharap, ajang Olimpiade Remaja ini dapat menorehkan prestasi sekaligus menjadi langkah awal menuju pentas Olimpiade.

YOG atau Olimpiade Remaja adalah pesta olahraga multieven dunia yang diikuti para atlet usia 14-18 tahun. Dalam Olimpiade Remaja Musim Panas ke-3 yang akan digelar pada 6-18 Oktober di Buenos Aires ini, Kontingen Merah Putih terdiri dari 18 atlet untuk delapan cabang olahraga (cabor).

Adapun delapan yang diikuti adalah badminton, atletik, renang, angkat besi, basket 3x3, menembak, golf, dan voli pantai. Imam berharap, para atlet tersebut dapat membawa prestasi olahraga Indonesia mencapai puncaknya pada masa yang akan datang.

"Semoga dalam acara pelepasan ini, kita semua semakin optimis, semakin yakin, dan pasti akan memberikan kabar indah bagi Indonesia di ajang Youth Olympic ajang yang akan mengantarkan kita ke Olimpiade nantinya," ujarnya.

Imam juga berpesan kepada para official, manajer, dan CdM untuk mengiringi dan memberikan pelayanan terbaik kepada para atlet dalam segala hal. Atlet adalah salah satu aset bangsa yang harus terus dirawat dan dijaga karena lewat keringat mereka merah putih akan berkibar dan Indonesia Raya terus berkumandang di seantero dunia.

"Saya minta dana dari pemerintah digunakan secara maksimal. Salah satu contoh, perjalanan menuju Argentina itu cukup lama dan melelahkan, agar nyaman saya minta tiket pesawat kelas bisnis pulang-pergi, setuju tidak?" tanya dia, yang langsung dijawab serempak "setuju" oleh para atlet dengan nada gembira.

CdM Kontingen Indonesia YOG, Dito Ario Tejo, menjelaskan bahwa pertemuan dan persaingan antar negara cukup ketat karena diikuti 206 negara dengan 3.998 atlet. Dari delapan cabor yang diikuti Indonesia, peluang menang paling besar berasal dari tiga cabor, yaitu bulu tangkis, angkat besi, dan atletik.

"Target kami adalah mendapatkan medali melebihi keikutsertaan YOG sebelumnya. Tahun 2014 kita dapat perunggu dari bulutangkis. Semoga tahun ini lebih dari itu," ucap Dito.

Di akhir acara pelepasan, diadakan ritual penciuman Sang Saka Merah Putih dimulai dari CdM kemudian diikuti seluruh atlet, serta diiringi lagu Bagimu Negeri.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.