Sukses

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Sigi Siang Ini

Menurut catatan BMKG, gempa Sigi terjadi pada pukul 11.59 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa masih mengguncang wilayah Sulawesi Tengah. Kali ini, gempa berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Sigi.

Catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa Sigi tersebut terjadi pada pukul 11.59 WIB. Gempa berkedalaman 10 kilometer.

"Lokasi gempa Sigi terletak pada 1,59 lintang selatan, dan 120,20 bujur timur," tulis BMKG, Selasa (2/10/2018).

Sebelumnya, Gempa dan tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengakibatkan tujuh kecamatan di Sigi terisolasi. Penyebabnya, akses transportasi ke lokasi tersebut terputus akibat tertutup longsor dan jalan terbelah serta hancur.

"Tujuh kecamatan terisolasi tersebut adalah Kecamatan Lindu, Kulawi, Kulawi Selatan, Dolo Barat, Dolo Selatan, Gumbasa dan Salawu," kata Sutopo di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin 1 Oktober 2018.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Butuh Bantuan Obat-obatan

BNPB kini masih fokus penanganan bencana di Palu yang berdasarkan analisis peta segmen guncangan gempa di Ibu Kota Sulteng lebih besar dibandingkan Donggala. Sutopo juga menyatakan ketujuh kecamatan tersebut juga tetep memerlukan bantuan seperti lokasi lainnya.

"Masyarakat yang ada di sana tetap memerlukan bantuan logistik obat-obatan tenaga medis alat berat dan sebagainya. Saat ini, kita masih fokus penanganan di kota Palu," papar dia.

Sementara itu, Sutopo menyebut terdapat wilayah di luar Palu dan Donggala juga kondisi cukup parah akibat gempa.

"Daerah lain adalah di luar Sulawesi Tengah, Mamuju Utara satu orang meninggal dunia, 185 rumah rusak berat, 22 rumah rusak sedang, 92 rumah rusak ringan. Ini data sementara," Sutopo memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.