Sukses

ASDP Siapkan 3 Kapal Gratis ke Palu dan Donggala

Untuk koordinasi jadwal pengangkutan ke Palu dan Donggala, masyarakat bisa menghubungi pihak ASDP.

Liputan6.com, Serang - Masyarakat yang akan mendatangi keluarganya di Palu dan Donggala, bisa berangkat secara gratis menggunakan tiga kapal yang disediakan PT ASDP Ferry Indonesia.

Tiga kapal yang disediakan oleh ASDP adalah KMP Julung-julung yang berangkat dari Pelabuhan Taipa, Sulawesi Tengah. Lalu KMP Drajat Paciran dan kapal kargo KM Melinda 01 yang berangkat dari Tanjung Perak menuju Taipa, Sulawesi Tengah.

"Semoga dengan dukungan penyediaan kapal ASDP, dapat menjadi alternatif transportasi bantuan logistik bencana alam ini dan dapat membantu proses penanganan pascagempa, sehingga kondisi masyarakat dapat segera pulih," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Imelda Alimi, Serang, Senin (1/10/2018).

Dia menambahkan, KMP Julung-Julung memiliki ukuran 600 GRT. Jenis kapal roro ini berkapasitas penumpang sekitar 185 orang dan tujuh unit kendaraan kecil. Lalu KMP Drajat Paciran berukuran 2.900 GRT yang merupakan kapal jenis roro yang dapat mengangkut 350 orang penumpang dan 40 unit kendaraan campuran.

Sedangkan KM Melinda 01 merupakan jenis kapal general cargo memiliki kapasitas muatan logistik hingga 1.000 ton.

KMP Julung-Julung membawa barang kebutuhan pokok dan air bersih, telah berangkat pada Senin 1 Otkober 2018 pukul 12.00 WITA dari Pelabuhan Toli-toli, dengan waktu tempuh 22 jam sampai ke lokasi bencana.

"Sesampai di pelabuhan, kami telah berkoordinasi dengan stakeholder termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat, agar pendistribusian barang-barang bantuan dapat segera dilakukan dengan cepat dan tepat," terangnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Perjalanan

KM Melinda 01 rencananya akan berangkat pada Kamis 4 Oktober 2018 dengan memuat bantuan logistik.

Lalu KMP Drajat Paciran yang memuat logistik bantuan akan berangkat pada 5 Oktober 2018. Waktu tempuhnya mencapai 55 jam ke lokasi bencana.

"Untuk koordinasi jadwal pengangkutan, agar dapat menghubungi pihak ASDP melalui contact person Bapak Alvius di 082236251968 untuk jalur Toli-Toli menuju Taipa-Palu. Bapak Rudi 082310332111 untuk kapal kargo Melinda 01 dan Drajat Paciran," jelas dia.

 

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.