Sukses

SBY Puji Langkah Jokowi Tangani Korban Gempa Palu dan Donggala

SBY menambahkan, dengan mengunjungi langsung lokasi kejadian, keputusan yang diambil akan tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji tindakan Presiden Joko Widodo dalam menangani bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Tindakan cepat Presiden Jokowi untuk berkunjung ke daerah bencana saya nilai tepat," kata SBY dalam keterangan yang diunggah di YouTube, Minggu (30/9/2018).

Dia menambahkan, dengan mengunjungi langsung lokasi gempa Palu, keputusan yang diambil akan tepat. Jokowi dapat menentukan langkah-langkah untuk tanggap darurat.

"Dengan datang langsung ke lokasi bencana, Presiden Jokowi akan melihat situasi dan ambil keputusan. Kemudian nanti operasi tanggap darurat akan berjalan dengan cepat juga efektif," ujar SBY.

Ketua Umum Partai Demokrat ini mengajak semua pihak untuk bersatu dan membantu pemerintah mengatasi permasalahan yang sedang melanda masyarakat di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Baik pada fase tanggap darurat maupun pada rehabilitasi dan rekontruksi.

"Saya kira saatnya kita menunjukkan solidaritas untuk saudara-saudara kita yang mengalami musibah dan sekaligus membantu pemerintah untuk mengatasi bencana ini," tandas dia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Pantau Lokasi Bencana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah tiba di Kota Palu, Minggu (30/9/2018). Usai memimpin rapat terbatas dengan jajarannya terkait gempa dan tsunami, Jokowi dan rombongan bergerak meninjau sejumlah titik yang terdampak bencana.

Titik pertama yang dituju adalah Perumnas Balaroa. Jokowi dan rombongan tiba pada pukul 13.55 WITA. Di lokasi ini, Jokowi yang mengenakan jaket loreng meninjau lokasi reruntuhan bangunan dan menyerahkan bantuan.

Setelah itu titik berikutnya yang akan ditinjau Jokowi adalah Pantai Talise. Pantai ini merupakan tempat wisata utama di Palu dan terdampak tsunami paling parah.

Jokowi kemudian menuju Rumah Sakit Undata dan meninjau posko pengungsi di Lapangan Vatulemo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.