Sukses

Berjaket Loreng, Jokowi Tinjau Kondisi Palu Usai Gempa dan Tsunami

Jokowi mengenakan jaket loreng hijau-hitam TNI meninjau lokasi reruntuhan bangunan dan menyerahkan bantuan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah tiba di Kota Palu, Minggu (30/9/2018). Usai memimpin rapat terbatas (ratas) dengan sejumlah jajarannya terkait gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah, Jokowi dan rombongan langsung bergerak untuk meninjau sejumlah titik yang terdampak bencana.

Titik pertama yang dituju adalah Perumnas Balaroa dan tiba pada pukul 13.55 WITA. Di lokasi ini, Jokowi yang mengenakan jaket loreng hijau-hitam TNI meninjau lokasi reruntuhan bangunan dan menyerahkan bantuan.

Setelah itu titik berikutnya yang akan ditinjau Jokowi adalah Pantai Talise. Pantai ini merupakan tempat wisata utama di Palu dan terdampak tsunami paling parah.

Jokowi kemudian menuju Rumah Sakit Undata dan meninjau posko pengungsi di Lapangan Vatulemo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arahan Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Palu melalui Bandara Mutiara Sis Aljufri sekitar pukul 13.15 Wita. Setibanya di Bandara, Jokowi langsung menggelar rapat singkat dengan Menko Polhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Sekitar 15 menit mendapatkan laporan dari para menterinya, Jokowi kemudian memberikan arahan kepada para anggota TNI dan petugas kesehatan yang bertugas pascagempa.

"Dalam melakukan evaluasi korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, saya minta saudara-saudara semua bekerja siang malam penyelesaikan yang berkaitan dengan evakuasi," ujar Jokowi di Palu, Sulawesi Tenggara, Minggu (30/9/2018).

Selain itu, Jokowi juga meminta para TNI untuk membantu masyarakat dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa. Hal ini agar kegiatan masyarakat bisa segera kembali normal.

"Dan saya minta saudara-saudara membantu dalam rehabilitasi dan rekonstruksi bersama-sama dengan masyarakat, Polri, agar kita semua bisa segera menyelesaikan persoalan di provinsi Sulawesi Tengah," Jokowi memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Palu

  • Gempa Donggala