Megawati Perintahkan Kader PDIP Sulsel Bantu Korban Gempa Donggala dan Palu

Oleh Liputan6.com pada 30 Sep 2018, 10:22 WIB
Setelah Gempa dan Tsunami Melanda Palu

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kepada seluruh kader partai di Sulawesi Selatan untuk membantu para korban bencana gempa dan tsunami di Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah.

"Ibu Megawati Soekarnoputri langsung memerintahkan DPD PDI Perjuangan Sulawesi Selatan untuk mengirimkan Tim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna PDIP) ke lokasi bencana," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu (30/9/2018).

Mega juga berpesan kepada para kader, agar memberikan skala prioritas bagi anak-anak dan kaum ibu yang terdampak gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

"Kami diminta membawa makanan untuk anak-anak, kebutuhan khusus perempuan, dan menggalang solidaritas kemanusiaan yang melibatkan seluruh DPD PDIP dari seluruh Indonesia," jelas Hasto.

2 of 2

Semangat Menangis dan Tertawa

Gempa dan Tsunami Melanda Palu
Orang-orang berjalan melewati mayat (penutup biru) setelah gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Hasto menegaskan, apa yang dilakukan PDI Perjuangan dengan Baguna yang sudah mendapat pelatihan secara khusus oleh Basarnas, adalah untuk membumikan semangat "menangis dan tertawa" bersama rakyat.

Terhadap berbagai kegiatan kampanye yang saat ini sedang dilakukan, Hasto menegaskan, saat ini adalah membantu Pemerintah dan bergotong-royong dengan seluruh komponen masyarakat untuk melakukan misi kemanusiaan guna membantu korban bencana di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

"Kami meyakini bahwa Presiden Jokowi akan bertindak cepat dan memimpin secara langsung gerakan solidaritas kemanusiaan tersebut," kata Hasto.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓