Sukses

Kisah Anthonius, Petugas ATC Palu yang Korban Nyawa Saat Gempa

Sebelum memastikan Batik Air yang dipandunya lepas landas, Anthonius Gunawan, petugas ATC bandara Mutiara Sis Al Jufri yang gugur, sempat berusaha menyelamatkan diri.

Liputan6SCTV, Makassar - Jenazah Anthonius Gunawan Agung, petugas pengatur lalu lintas udara atau ATC Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, tiba di rumah duka, di Jalan Onta Baru, Kecamatan Mamajang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu malam kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (30/9), tangis Adriani Tallo, nenek korban, tak terbendung saat jenazah Anthonius dibawa masuk dan semayamkan di dalam rumah.

Saat gempa menerjang Jumat sore, 28 September 2018, Anthonius Gunawan Agung tengah bertugas memandu pesawat Batik Air yang siap lepas landas dari Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu, menuju Makassar. Saat itu rekannya sudah berhamburan keluar. 

Setelah memastikan pesawat dan ratusan penumpang lepas landas dengan selamat, barulah dia bergegas menyelamatkan diri.

Saat itu menara ATC roboh dan Agung nekat melompat hingga mengalami patah tulang di sejumlah bagian tubuhnya. Meski upaya medis langsung diupayakan, Anthonius tidak sanggup bertahan dan mengembuskan napas terkhirnya. (Galuh Garmabrata)