Gempa Donggala, Menkopolhukam Kerahkan TNI, Polri dan Relawan

Oleh Maria Flora pada 29 Sep 2018, 09:11 WIB

Fokus, Jakarta - Pemerintah memastikan bantuan tanggap darurat bencana alam ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sudah berjalan sejak Sabtu dini hari tadi. Menkopolhukam Wiranto menyatakan, pihaknya telah mengerahkan personel TNI, Polri, dan relawan untuk menangani para korban terdampak gempa magnitudo 7,7 SR. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (29/9/2018), turut hadir dalam pertemuan di Gedung Kemenkopolhukam tersebut sejumlah kementerian terkait berikut para menteri. Di antaranya Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. 

Tidak hanya dalam bentuk bantuan logistik yang memang diturunkan oleh pemerintah bagi warga Donggala dan sekitar yang menjadi korban gempa. Sejumlah pasukan juga dikerahkan untuk membantu mencari dan mengevakusi para korban. Salah satunya dari TNI AL yang bersandar di pelabuhan di lokasi bencana. 

Kini pemerintah terus berkomunikasi terkait tanggap darurat bencana ini, mengingat luasnya wilayah yang terdampak gempa dan tsunami.

Wiranto juga meminta kepada Kementerian Perhubungan mengirimkan satu unit helikopter ke Bandara Palu untuk membawa alat navigasi untuk memberi bantuan kepada pesawat-pesawat pembawa bantuan logistik. (Galuh Garmabrata)