Sukses

Potret Kebersamaan 3 Pemimpin Indonesia Bersama Cucu Tercinta

Presiden Jokowi, Presiden ke-6 RI Susilo bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla kerap bermain bersama cucu mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kepala negara atau pemimpin, tak lantas membuat presiden dan wakil presiden di Indonesia tidak memiliki waktu sama sekali untuk keluarganya.

Sebaliknya mereka kerap menghabiskan waktu luang dengan berkumpul dan bermain bersama cucu-cucu mereka.

Bahkan Presiden Jokowi sering membagikan video dan foto kebersamaannya dengan cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra.

Bagaimana potret kebersamaan pemimpin di Indonesia dengan cucu-cucu mereka? Berikut ulasannya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Adu Tinju Jokowi dengan Jan Ethes

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bisa dibilang sebagai kepala negara yang paling sering membagikan video atau foto kebersamaannya dengan cucu tercinta, Jan Ethes Srinarenda.

Dalam satu kesempatan, terlihat Jokowi jalan-jalan dengan Jan Ethes di pusat perbelanjaan. Di kala lain, mereka makan bersama di sebuah rumah makan. Jokowi juga pernah menemani Jan Ethes renang pada 16 September 2017.

Pernah juga Jokowi mengunggah sebuah video blog (vlog) di Youtube, yang memperlihatkan dia bermain tinju dengan putra pertama Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu.

"Hari ini saya berolahraga, biasanya ditemani oleh paspampres, ajudan, tapi akhir pekan ini olahraga ini ditemani orang spesial. Namanya Jan Ethes," ujar Jokowi seraya melihat cucu yang berada di sisinya, dalam vlog yang diunggah 7 Juli 2018.

Terlihat di video itu, Jokowi membantu cucunya mengenakan sarung tinju berwarna hitam sementara dirinya menggunakan sarung tinju berwarna merah. Presiden ke-7 RI ini berjongkok untuk menyamakan tingginya dengan cucu pertamanya itu.

Usai bermain tinju, pasangan kakek-cucu ini kemudian bermain sepak bola bersama.

"Ayo main bola," ajak Jokowi. "Ok," jawab Jan Ethes.

Jokowi pun dengan penuh kasih sayang membetulkan celana cucunya yang kedodoran. Keduanya tampak kompak mengenakan baju jersey merah, dan Jokowi beberapa kali menggandeng tangan Jan Ethes.

 

3 dari 4 halaman

2. Aksi JK Menari Bersama Cucu

Video Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjadi viral di media sosial. Penyebabnya, JK yang memiliki citra tenang dan berwibawa, dalam video itu menari bersama cucunya, Jamila, menggunakan aplikasi berbagi video Tik Tok.

Dalam video yang diunggah ke Instagram oleh akun @husainabdullah1, Rabu, 26 September 2018, awalnya Jamila menari seorang diri di kamar. Tiba-tiba sang kakek, Jusuf Kalla, masuk dan langsung mengikuti Jamila menari.

JK yang mengenakan pakaian tidur, berusaha mengikuti gerak tari seperti yang dilakukan cucunya.

JK tidak terlihat canggung sama sekali. Dia menggerakkan tangan ke atas, ke samping, menggerakkan pinggul berusaha mengimbangi gerakan Jamila. "Joket JK. Gara2 tik tok Jamila dan Papa JK ini viral. Saya dapat banyak dpt pertanyaan, goyangnya goyang apa? Saya jawab aja; joget JK," demikian keterangan dalam video tersebut.

Aksi JK dan cucunya ini ditonton lebih dari 3.500 orang dan mendapat berbagai komentar positif.

 

4 dari 4 halaman

SBY Pangku Cucu Termuda

Meski Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak terlalu aktif bermain media sosial, kegiatannya bersama cucu-cucunya tetap dapat dilihat publik melalui unggahan istrinya, Ani Yudhoyono, di Instagram.

Ibu Ani terbilang aktif mengunggah foto dan video kebersamaan SBY dengan keluarga, termasuk cucu-cucunya.

Dalam foto terbaru, yang diunggah Ani pada 22 September lalu, SBY tampak memangku cucu termudanya, Gayatri Idalia Yudhoyono.

"Waktu santai dengan cucu-cucu.... Mereka adalah penyemangat utama....," demikian keterangan foto yang diunggah pada 22 September 2018.

Di foto lain, SBY juga tampak memperhatikan cucu keempatnya itu yang sedang tengkurap. Ada juga foto yang memperlihatkan SBY jalan-jalan sambil memeluk cucu pertamanya, Almira Tunggadewi Yudhoyono.

 

Reporter: Melissa Octavianti

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.