Sukses

Menko Puan Dampingi Wapres Dalam General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke- 73

Dalam General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke-73 yang berlangsung di Markas Besar PBB, temanya adalah membuat PBB relevan dengan semua orang.

Liputan6.com, Jakarta Dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-73 yang diikuti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, selasa pagi waktu setempat, delegasi RI yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla mengikuti Sesi Pembukaan General Debate.

Dalam General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke-73 yang berlangsung di Markas Besar PBB, temanya adalah membuat PBB relevan dengan semua orang. Kepemimpinan Global dan Tanggung Jawab Bersama untuk Masyarakat yang Damai, Berkeadilan dan Berkelanjutan.

Adapun isu-isu strategis yang diangkat dalam kesempatan ini ialah, Kesetaraan Gender, Migrasi dan Pengungsi, Pekerjaan yang layak, Aksi untuk LH, Orang dengan kecacatan, Revitalisasi PBB serta Pemuda, Perdamaian dan Keamanan.

Terkait dengan tema General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke-73, Pemerintah Indonesia mengapresiasi bahwa tema tersebut sangat tepat dan sesuai dengan realitas dunia saat ini. Dalam menciptakan perdamaian, kesetaraan dan keberlanjutan dibutuhkan kepemimpinan global dan tanggung jawab bersama negara di dunia.  

Indonesia akan terus berkontribusi untuk perdamaian dunia. Indonesia merupakan merupakan negara terbesar ke 8 yang menyumbangkan pasukan perdamaian dunia. Hingga kini, Indonesia telah menyumbang lebih dari 3.500 personil pada 9 misi perdamaian PBB.

General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke 73 kali ini dipimpin oleh Maria Fernanda Espinosa Garces, Presiden terpilih UNGA 73 serta diikuti oleh Kepala Negara atau perwakilannya dari seluruh dunia. Delegasi Indonesia dalam kesempatan General Debate Sidang Majelis Umum PBB ke-73 ini terdiri dari Wapres Jusuf Kalla, Menko PMK Puan Maharani dan Menlu Retno L Marsudi.

Dalam rangkaian High Level Week Sidang Majelis Umum PBB ke-73 di New York ini, Menko Puan direncanakan memimpin delegasi Indonesia dan memberikan statement resmi di hadapan  dalam High Level Meeting on Non-Communicable Diseases pada tanggal 27 September 2018.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.