Sukses

Job Fair Kementerian Ketenagakerjaan Sediakan 9.000 Lowongan Pekerjaan

Job Fair BLK Bekasi sediakan 9.000 lowongan pekerjaan.

Liputan6.com, Bekasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) dan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) menyelenggarakan job fair yang berlokasi di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi pada 19 – 20 September 2018. Job fair ini dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pukul 16.00 WIB.

Sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, penyelenggaraan job fair di BLK Bekasi tidak dipungut biaya alias gratis bagi pencari kerja. Tersedia 9.000 lowongan pekerjaan dari 84 perusahaan yang berasal dari berbagai sektor usaha antara lain, industri start up, telekomunikasi dan teknologi informasi, perbankan, manufaktur, retail, agro industri, otomotif, dan jasa.

“Pelaksanaan job fair ini merupakan upaya mempertemukan pemberi kerja dan pencari kerja secara langsung. Upaya ini diharapkan mampu menekan angka pengangguran di Indonesia,” ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri, saat membuka job fair di Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (19/9/2018).

Ia berharap angka pengangguran dapat terus menurun melalui job fair. Di samping itu, job fair juga berfungsi mempromosikan berbagai kebijakan dan program ketenagakerjaan. Acara ini juga diisi dengan seminar tentang motivasi kerja bagi para pencari kerja.

“Tingkat pengangguran turun dari 7,01 juta orang (6,33%) Februari 2017 menjadi 6,87 Juta orang (5,13%) Februari 2018. Oleh karenanya, kita terus mendorong semua pihak agar bisa menyelenggarakan pameran kerja di berbagai daerah bukan hanya di pusat,” ucap Hanif.

Penurunan jumlah penganggur, imbuhnya, menunjukkan bahwa jumlah kesempatan kerja yang tercipta lebih besar daripada pertambahan angkatan kerja baru, sehingga jumlah pengangguran terbuka menjadi berkurang.

“Data informasi pasar kerja Kemnaker, menunjukkan pada tahun 2015 telah tercipta dan ditempatkan sebanyak 2,886 juta orang, tahun 2016 sebanyak 2,448 juta orang, dan tahun 2017 sebanyak 2,669 juta orang,” kata Hanif.

Lanjutnya, melalui kegiatan-kegiatan penciptaan kesempatan kerja, baik sektoral maupun perluasan kesempatan kerja, dalam tiga tahun terakhir telah dapat dilampaui target kesempatan kerja dua juta setiap tahunnya.

“Kegiatan job fair semacam ini adalah kegiatan yang sangat bagus untuk penyerapan angkatan kerja. Selain itu, ke depannya kita juga akan mengarahkan angkatan kerja untuk berani menjadi wirausaha membuka lapangan kerja baru," ujar Hanif.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini