Sukses

3 Kriteria Pengganti Sandiaga Uno Versi Anies Baswedan

Di sela tarik-menarik nama pengganti Sandiaga Uno, ada baiknya kita juga melihat dari sisi Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Nama calon pengganti Sandiaga Uno di posisi Wakil Gubernur DKI masih tanda tanya. Sejumlah nama mencuat ke permukaan. Kursi Wakil Gubernur akan ditentukan dua partai, yakni PKS dan Gerindra.

Keduanya merupakan pengusung Anies-Sandiaga di Pilkada DKI 2017. Dua partai itu juga seolah terlibat tarik-menarik siapa yang paling berhak mengusulkan nama.

PKS setidaknya sudah mengusulkan dua nama, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Sementara itu, di kubu Gerindra, nama M Taufik muncul ke permukaan.

Terlepas dari ketengangan kedua partai, ada baiknya kita juga melihat dari sisi Anies Baswedan. Dia memang tak pernah menyebutkan nama sosok ideal yang akan mendampinginya.

Tapi, setidaknya Anies dalam beberapa kesempatan mengungkapkan kriteria ideal mitra kerjanya nanti. Berikut kriteria dari Anies. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Jadikan Jakarta sebagai Lahan Politik

Anies sangat berharap wakilnya nanti tak menjadikan Jakarta sebagai ladang politik. Jakarta adalah ibu kota negara, semua ada di Jakarta.

"Jakarta tidak dipandang sebagai sekadar arena politik karena ini disorot banyak, tapi dipandang sebagai tempat bekerja membuat perubahan di Jakarta," kata Anies.

3 dari 4 halaman

Bisa Kerja Keras dan Fokus Urus Jakarta

Selain itu, Anies juga menginginkan calon wakilnya pekerja keras. Selain itu juga fokus dalam bekerja.

"Yang penting di Jakarta harus mau kerja keras, harus kerja tuntas dan siap untuk all out tidak memikirkan lain-lain. Fokus konsentrasi di sini," kata Anies.

4 dari 4 halaman

Punya Visi Misi yang Sama

Tak hanya itu, Anies juga ingin wakilnya nanti punya kesamaan visi dan misi. Visinya adalah membuka kesetaraan kesempatan begi semua di Jakarta, tentang keadilan sosial di Jakarta, dan berpihak pada orang banyak dengan prinsip keadilan.

"Kriteria umum seperti itu yang saya harapkan, mudah-mudahan ini jadi pertimbangan parpol," kata Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.