Sukses

Getaran Letusan Gunung Anak Krakatau Terasa hingga Pantai Carita

Meningkatnya aktivitas Anak Krakatau yang sudah terjadi sejak dua bulan terakhir tidak membuat nelayan di Carita khawatir.

Liputan6.com, Banten - Sebanyak 200 sampai 500 kali letusan terjadi seiring meningkatnya aktivitas Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda. Suara letusan disertai getaran terkadang sampai ke Pantai Carita.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (21/9/2018), meningkatnya aktivitas Anak Krakatau yang sudah terjadi sejak dua bulan terakhir tidak membuat nelayan di Carita khawatir. Mereka sudah terbiasa meski ada kalanya kaca rumah bergetar setiap kali terjadi letusan.

Sejumlah nelayan pun tetap mencari ikan di sekitar Anak Krakatau. Bahkan, para nelayan biasa beristirahat di sekitar pulau-pulau kecil di sekitar gunung.

"Kita sudah biasa, jadi takut tidak takut kita sudah pasrah saja. Kita sudah biasa saja kayak begini," kata nelayan Carita, Karyo.

Saat ini petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau mengimbau agar nelayan dan wisatawan tidak mendekati Anak Krakatau sejauh radius dua kilometer. Meski aktivitas meningkat, saat ini Anak Krakatau masih dalam status waspada atau level tiga. (Rio Audhitama Sihombing)Â