PKS-Gerindra Berebut Kursi Wagub DKI

Oleh Shinta NM Sinaga pada 20 Sep 2018, 09:03 WIB
Banner Kursi Wagub DKI

Liputan6.com, Jakarta - Sejak ditinggal Sandiaga Uno, kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta kosong. Hingga kini belum ada penggantinya.

Sandiaga melepas jabatan Wagub DKI setelah menjadi cawapres. Pendamping capres Prabowo Subianto ini pun keluar dari Partai Gerindra.

Lalu siapa pengganti Sandiaga? Hampir sebulan berlalu, belum ada jawaban. Sejumlah nama dari PKS dan Gerindra bermunculan.

Belakangan mengerucut menjadi tiga nama. Siapa saja mereka dan bagaimana PKS-Gerindra berebut kursi wagub DKI? Simak dalam Infografis berikut ini:

Infografis Kursi Wagub DKI
Infografis Kursi Wagub DKI (Liputan6.com/Triyasni)
2 of 3

Idaman Anies?

Sandiaga Uno Peluk Erat Anies Baswedan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memeluk Gubernur Anies Baswedan saat menyampaikan surat pengunduran diri di Balai Kota, Jumat (10/8). Untuk diketahui, Sandiaga memutuskan untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anies Baswedan mengaku belum mendapat informasi mengenai sosok pengganti Sandiaga. Gubernur DKI Jakarta ini pun tidak memiliki kriteria khusus.

Anies mempercayakan semuanya kepada PKS dan Gerindra sebagai partai pengusung di Pilkada DKI 2017.

"Saya percaya partai pasti mengusulkan orang-orang yang matang, yang siap untuk bekerja bersama Pemprov, dan saya siap-siap saja," ucap Anies.

3 of 3

Kelamaan Kosong

Tjahjo Kumolo dan Anies Baswedan
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Mendagri Tjahjo Kumolo mengimbau agar jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta jangan dibiarkan kosong terlalu lama.

"Kemendagri tidak memiliki kewenangan untuk mendesak. Kami hanya mengimbau jangan terlalu lama kosong, gitu aja," ujar Tjahjo.

Lanjutkan Membaca ↓