Sukses

4 Ucapan Nyeleneh Jokowi yang Jadi Trending Topic

Sebagai kepala negara, tindak tanduk Presiden Jokowi selalu jadi sorotan publik. Tak ayal semua itu menjadi bahan pujian bahkan kritikan berbagai kalangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai kepala negara, tindak tanduk Presiden Jokowi selalu jadi sorotan publik. Tak ayal, semua itu menjadi bahan pujian bahkan kritikan berbagai kalangan.

Seperti baru-baru ini istilah yang diucapkan mantan Wali Kota Solo itu menjadi trending topic di masyarakat.

Sebelumnya, ucapan Jokowi juga sempat ramai jadi bahan perbincangan. Apa sajakah itu?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Thanos

Dalam pertemuan sejumlah pemimpin di acara World Economic Forum ASEAN di Hanoi, Vietnam, Presiden Jokowi menyebut kondisi perekonomian dunia saat ini menuju "perang tak terbatas" atau infinity war. Hal itu pun digambarkan seperti pada film Avengers: Infinity War, di mana sosok bernama Thanos mengancam akan memusnahkan setengah populasi bumi.

"Karena ia percaya sumber daya planet bumi terbatas. Akan tetapi, ternyata Thanos keliru. Di hadapan sejumlah pemimpin negara yang hadir pada World Economic Forum on ASEAN di Hanoi, siang tadi, saya mengatakan bahwa pada kenyataannya sumber daya untuk umat manusia tidak terbatas," katanya.

3 dari 5 halaman

2. Avengers

Selain Thanos, ada ucapan lain Jokowi yang juga jadi sorotan pada acara World Economic Forum ASEAN di Hanoi, Vietnam.

Warganet memuji Jokowi yang menganalogikan kondisi perekonomian dunia dengan film Avengers.

Salah satunya akun @sparkographics, "Mantap ini analoginya. Hebat juga pemikirannya, memang sumber daya manusia itu diciptakan luar biasa. Sayang ada beberapa pihak yang kurang bijak memanfaatkannya. Semoga terus diberkati dan Indonesia makin maju!"

4 dari 5 halaman

3. Berani berantem

Salah satu ucapan Presiden Jokowi yang menjadi perbincangan berbagai kalangan adalah meminta relawan berani berantem. Saat menghadiri Rapat Umum Relawan di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jokowi mengajak relawan berkampanye dengan cara baik. Dia juga meminta agar relawan tidak membangun permusuhan, tapi harus berani ketika diajak berantem.

"Jangan bangun permusuhan, jangan membangun ujaran kebencian, jangan membangun fitnah fitnah, tidak usah suka mencela, tidak usah suka menjelekkan orang. Tapi, kalau diajak berantem juga berani," kata Jokowi.

Tentu saja ucapan ini menjadi bahan empuk pihak oposisi untuk menyerang mantan gubernur DKI Jakarta itu. Jokowi dinilai mengajarkan kekerasan terhadap relawannya. Barisan Jokowi dengan lantang membela jika ucapan itu hanya sebuah kiasan.

5 dari 5 halaman

4. Gebuk PKI

Kemudian Presiden Jokowi yang sempat ramai diperbincangkan adalah "gebuk PKI". Saat itu Jokowi meminta pihak yang menyebut bangkitnya Partai Komunis Indonesia (PKI) saat ini untuk menunjukkan bukti. Jokowi menegaskan tidak ada tempat lagi bagi PKI.

"Kalau ada tunjukkan kepada kita, kepada saya. Saya gebuk detik itu juga. Upaya hukumnya jelas, sudah dilarang. Apalagi sampai disorong-sorongkan ke saya, seolah-olah saya melindungi. Ini supaya jelas," ujar Jokowi kala itu.

Reporter: Desi Aditianingrum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi