Sukses

Top 3 News: Mengejutkan Isi Sel Setnov di Lapas Sukamiskin

Top 3 News, tidak hanya kasus besar dan terlihat empuk, setiap sudut tembok kamar Setnov berdinding playwood.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news, Lapas Sukamiskin kembali jadi sorotan. Kali ini temuan mengejutkan datang dari sel tahanan mantan Ketua DPR RI Setya Novanto. 

Tidak hanya kasus besar dan terlihat empuk, setiap sudut tembok kamar berdinding playwood. 

Sementara itu, Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto mengaku sejak menggantikan kalapas yang sama, kondisi kamar Setnov sudah seperti itu. Sedangkan kasur Setnov dikabarkan warisan dari penghuni lapas yang lama.

Apakah kini sel tahanan koruptor E-KTP itu akan dibongkar?

Hal mengejutkan lain yang ditemukan di Lapas Sukamiskin, pintu sel tahanan yang tidak digembok. Tejo mengaku hal tersebut inisiatifnya. Lalu bagiamana dengan kamar Setnov yang berubah total?

"Mereka enggak di gembok dari luar, kalau digembok teriak-teriak, pernah ada pengalaman seperti itu (meminta pertolongan kesehatan). Tapi untuk blok itu digembok, seluruh sisi, utara, timur, selatan, barat kita gembok gitu," ungkap dia.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Minggu, 16 September 2018:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Isi Sel Setnov di Lapas Sukamiskin, Berdinding Plywood dan Toilet Duduk

Pemandangan berbeda tampak di sel lain yang kondisinya kumuh dengan luas tidak sebesar milik pria yang karib disapa Setnov itu. Di dekat kasur, ada toilet jongkok ditutup satu potongan keramik lantai.

Dinding sel Setya Novanto dilapisi oleh plywood. Alasannya, kondisi tembok lapas yang sudah berusia ratusan tahun sudah tidak optimal. Apalagi jika hujan mengguyur, air kerap merembes ke dalam kamar.

Disinggung mengenai keinginan Ombudsman agar seluruh sel di Lapas Sukamiskin merata, baik dari segi luasan dan fasilitas, Tejo menyebut hal itu merupakan target jangka panjang.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Alasan Kalapas Sukamiskin Tak Gembok Sel Para Koruptor

Ombudsman RI menemukan sel para terpidana kasus korupsi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, tidak digembok dari luar. Kepala Lapas Sukamiskin Tejo Harwanto menjelaskan alasannya untuk penanganan kesehatan narapidana.

"(Kamar tidak digembok) Itu inisiatif saya bagi warga binaan yang punya sejarah penyakit jantung. Serangan jantung kan tidak bisa dilihat," ujar Tejo di Lapas Sukamiskin, Minggu (16/9/2018).

Untuk lebih mudah melakukan penanganan jika narapidana sakit, maka ia mengeluarkan kebijakan agar masing-masing kamar tahanan Lapas Sukamiskin tidak digembok.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ijtima Ulama II, Moeldoko: Agama Jangan Dibawa ke Politik, Kasihan Umat

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta agama tidak dicampurkan dengan urusan politik praktis.

Menurut Moeldoko, dilibatkannya ulama dalam politik nantinya akan membingungkan masyarakat.

Dia pun memberi contoh figur yang kehilangan jemaah setelah makin sering beraktivitas di bidang politik.

 

Selengkapnya...

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.