Sukses

4 Pengalaman Ridwan Kamil di Bandung yang akan Diadopsi untuk Jawa Barat

Ridwan Kamil menilai beberapa kebijakannya terhitung sukses ketika diterapkan di Kota Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan memanfaatkan pengalamannya selama menjabat Wali Kota Bandung di posisi. Sejumlah kebijakannya di Kota Bandung akan diadopsi untuk membangun Jawa Barat.

Karena, ia menilai beberapa kebijakannya terhitung sukses ketika diterapkan di Kota Bandung. Apa saja yang akan diterapkan untuk seluruh wilayah di Jawa Barat? Berikut beberapa kutipan Emil yang sudah dirangkum merdeka.com, Senin (17/9/2018):

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terapkan Sistem Pelayanan Publik

Emil akan menerapkan gebrakan-gebrakan yang dilakukannya saat memimpin kota Bandung untuk diaplikasikan di Jawa Barat. Yang paling utama di sektor pelayanan publik dan akuntabilitas.

"Saya pernah jadi Walikota kan biasanya hal hal yang sifatnya sosial yang bisa saya lakukan kemudian juga menyetarakan standarisasi pelayanan publik bisa saya lakukan. Kebetulan kota Bandung juara satu se-Indonesia untuk akuntabilitas. Itu bisa saya copy dalam waktu 100 hari ke seluruh Jawa Barat," paparnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Program Jaminan Keselamatan

Waktu menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Emil berhasil meningkatkan jaminan keselamatan kerja dengan menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Keberhasilan di Bandung ini akan diterapkan juga di Jawa Barat. Terlebih daerah-daerah dengan tingkat kecelakaan kerjanya yang tinggi, seperti di Bekasi.

"Penerapan K3 di Bandung paling mantap. Nanti saya bawa ke Bekasi, (jadi) tidak berita menyedihkan tentang keselamatan kerja," kata Emil.

 

 

4 dari 5 halaman

Adopsi Little Bandung untuk Jawa Barat

Ridwan Kamil berhasil membangun UMKM warga bandung yang berhasil dipasarkan ke Asia sampai ke Eropa dengan program Little Bandung. Karena keberhasilannya dia akan mengadopsi cara tersebut untuk mengembangkan produk UMKM Jawa Barat dengan program Little West Java.

Dengan program Little West Java produk-produk asli Jawa Barat bisa mendunia dan berdampak pada kesejahteraan warga Jawa Barat.

"Little Bandung diteruskan tidak hanya produk Kota Bandung, tapi akan se Jawa Barat atau Little West Java," kata Emil.

 

5 dari 5 halaman

Menjadikan Warga Jabar Bahagia

Ridwan Kamil menyebut tingkat kebahagiaan warganya di rangking 29 dari 34 provinsi. Ia bertekad memperbaikinya dengan sistem yang diaplikasikan saat menjabat Wali Kota Bandung.

Untuk itu sejumlah inovasi yang berhasil meningkatkan indeks kebahagiaan di Kota Bandung seperti peningkatan ruang publik atau taman-taman, interaksi melalui media sosial, menemui warga tidak mampu hingga program Kekasih Juara akan diterapkan pula di daerah Jabar lainnya. Namun program tersebut akan disesuaikan tergantung kondisi daerahnya.

"Caranya rumus Bandung akan saya pakai, ada interaksi sosial, ruang publik, ruang silaturahmi, bertemu warga-warga tidak mampu, Kekasih Juara dan masih banyak lagi tapi bila nanti hasilnya belum maksimal ya kita cari cara lain lagi," terang Emil.

Khusus untuk program Kekasih Juara (Kendaraan Konseling Silih Asih), menurutnya inovasi tersebut akan cocok diterapkan di daerah-daerah yang tingkat stresnya cukup tinggi seperti di Kota Depok dan Bekasi. "Salah satunya program Kekasih Juara, kalau Bandung membutuhkan berarti daerah lain pun butuh, terutama daerah urban. Ya, seperti Depok dan Bekasi yang tingkat stresnya lebih tinggi," ujarnya.

Reporter: Syifa Hanifah

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.