Sukses

Kampung Adat Bondo Morotuo Sumba Barat Terbakar, Sisakan 1 Rumah

Kampung adat Bondo Morotuo di Kabupaten Sumba Barat, Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur terbakar.

Liputan6.com, Jakarta - Kampung adat Bondo Morotuo di Kabupaten Sumba Barat, Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur terbakar pada Senin 10 September 2018 malam. Peristiwa itu dibenarkan oleh pejabat terkait.

"Iya betul, ada Kampung Adat Bondo Morotuo terbakar tadi malam (Senin, 10/9) sekitar Jam 12.00 Wita," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu seperti dilansir Antara, Kupang, Selasa.

Menurut dia, sesuai laporan Dinas Pariwisata Kabupaten Sumba Barat, kebakaran tersebut melenyapkan 16 rumah adat dari total 17 rumah adat di Kampung Adat Bondo Morotuo.

Dia mengatakan, dugaan kuat sambaran api bermula dari sebuah rumah adat yang baru selesai dibangun. Rumah adat baru tersebut tidak memiliki atap berpuncak seperti rumah adat Sumba pada umumnya.

"Namun sumbernya tidak dari hubungan pendek arus listrik karena di kampung adat itu belum ada instalasi listrik," ujar Marius.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Padam

Marius mengatakan, kondisi api sudah berhasil dipadamkan dan saat ini sedang dalam penanganan pemerintah kabupaten setempat dengan membangun tenda-tenda darurat.

"Pihak Kepolisian setempat juga sudah mengamankan lokasi untuk penyelidikan lebih lanjut terkait dampak kebakaran itu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.