Sukses

Mimpi Jokowi Sungai Ciliwung Sebersih Cheongyechoen di Seoul

Jokowi mengaku menjadi warga kehormatan Seoul sejak 2017, sehingga bisa minta apa saja, termasuk minta ilmu cara membersihkan sungai.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyusuri Sungai Cheongyechoen di sela-sela kunjungannya di Seoul, Korea Selatan, Selasa (11/9/2018).

Jokowi begitu terkesan melihat Sungai Cheongyecheon yang sangat bersih. Ia pun bermimpi agar Sungai Ciliwung yang membelah Kota Jakarta, bisa sebersih Cheongyecheon.

"Ini sebuah sungai di kota yang bersih sekali, Sungai Cheongyechoen, sebuah inspirasi bagus. Kalau di Jakarta ada Ciliwung jadi bersih seperti ini, wooo...dan itu bisa," kata Jokowi usai menyusuri Sungai Cheongyecheon.

Menurut Jokowi, pada 2003, kondisi Sungai Cheongyechong hampir sama dengan Ciliwung.

"Tetapi dikerjakan dalam waktu dua tahun tiga bulan, sungainya jadi sangat bersih lagi. Seperti zaman dahulu kala," ujar Jokowi seperti dilansir Antara.

Dia juga mengungkapkan bahwa panjang sungai yang membelah ibu kota Korea Selatan ini 8 kilometer dan 5,8 km sudah dalam kondisi jernih.

"Saya kira sebuah tontonan yang bisa menjadi tuntutan, kita bisa mengerjakan menggarap sungai yang ada di Jakarta. Kalau kita mau, bisa," kata Presiden Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Warga Kehormatan

Jokowi mengatakan jika ada kemauan, maka bisa langsung dibangun tanpa ada peraturan untuk mengaturnya.

"Ini hanya 2,3 tahun zaman Wali Kota Lee Myung-bak sungai bersih seperti ini, sehingga wali kotanya jadi presiden," katanya.

Jokowi mengaku menjadi warga kehormatan Seoul sejak 2017, sehingga bisa minta apa saja, termasuk minta ilmu cara membersihkan sungai.

"Kalau jadi warga kehormatan di sini minta apa saja diberi. Saya minta resepnya bangun Sungai Chongyesheon ini ke Mayor Park (Won-soon)," kata Presiden Jokowi yang didampingi Wali Kota Seoul Park Won-soon.

Park Wo-soon sangat terkesan dengan kehadiran Presiden Jokowi di Sungai Cheongyecheon, dan dia siap membantu permasalahan sungai di Jakarta.

"Jakarta dan Seoul adalah sister city, apapun yang Bapak perlukan kami siap karena Bapak (Presiden Jokowi) warga kehormatan Seoul," kata Park Wo-soon.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.