Sandiaga: Pariwisata Lombok Harus Dipulihkan

Oleh Liputan6.com pada 11 Sep 2018, 07:20 WIB
Diperbarui 11 Sep 2018, 07:20 WIB
Pernyataan Sikap Koalisi Prabowo-Sandiaga
Perbesar
Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno mengkritisi kondisi ekonomi terkini di Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat (7/9). Sandiaga mengatakan melemahnya nilai tukar rupiah disebabkan lemahnya fundamental ekonomi Tanah Air. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi NTB ialah dari sektor pariwisata. Namun sejak bencana gempa melanda Pulau Lombok pada akhir Agustus lalu, terjadi penurunan angka kunjungan wisatawan.

Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno mengajak semua pihak untuk memulihkan kembali pariwisata pulau dengan julukan seribu masjid itu. Hal ini disampaikan Sandiaga usai menghadiri acara konser amal dan lelang di Kafe Beranda, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 10 September 2018 malam.

"Karena daerah pariwisata kita harus pulihkan segera. Karena daerah pariwisata ini jadi satu andalan Lombok," ujar Sandiaga Uno.

Pariwisata merupakan sektor yang bisa menyerap tenaga kerja. Karena itulah sektor ini harus menjadi perhatian untuk segera dipulihkan.

"Saya harapkan dari seluruh elemen bangsa bisa bersimpati dan peduli terhadap keadaan teman-teman kita di Lombok," ujarnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini juga menyarankan harus ada inovasi dalam program rehabilitasi rumah penduduk yang hancur akibat gempa. Dimana para korban yang rumahnya hancur harus dibuatkan rumah tahan gempa.

"Saya sampaikan salah satu yang menjadi inovasi untuk pembangunannya adalah tahan gempa," ujar Sandiaga Uno.

2 dari 2 halaman

Trauma Panjang

Dalam acara lelang itu, Sandi juga mengajak semua pihak membantu para korban gempa di Lombok. Saat ini, kata dia, warga masih diliputi trauma akibat gempa susulan yang masih terjadi sampai saat ini.

"Saya dengar tadi dari perwakilan Lombok yang hadir di sini 2.000 gempa sudah terjadi di Lombok semenjak mulai sampai sekarang. Ini akan ada trauma yang berkepanjangan dan kita harus bantu mereka untuk segera pulih," tutupnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓