Sukses

Menginjak Dewasa, Panda Cai Tao dan Hu Chun di TSI Bakal Dikawinkan

Usaha untuk mengawinkan kedua panda itu bisa terlaksana setelah mengetahui perilakunya.

Liputan6.com, Bogor - Dua ekor panda raksasa penghuni Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, yaitu Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) telah menginjak usia dewasa. Cai Tao berusia genap 8 tahun pada 4 Agustus 2018. Sedangkan Hu Chun menginjak usia 8 tahun, Rabu 8 September 2018.

Hari ulang tahun sepasang hewan langka asal Tiongkok ini dirayakan dengan meriah oleh pihak pengelola kebun binatan tersebut. Cai Tao mendapatkan kado spesial yang dihias menyerupai tumpeng. Sedangkan Hu chun mendapat beberapa kotak kado berisi makanan kegemarannya.

Direktur Taman Safari, Jansen Manansang mengatakan, di usianya yang ke-8, sepasang panda raksasa ini sudah mengalami pubertas.

"Usia 8 tahun panda setara dengan berumur 25 tahun," kata Jansen, Sabtu 8 September 2018.

Dengan demikian, pihak pengelola berniat mengawinkan Cai Tao dengan Hu Chun. Namun usaha untuk mengawinkan kedua panda itu bisa terlaksana setelah mengetahui perilakunya.

Sampai saat itu tiba, baik Cai Tao maupun Hu Chun bakal hidup di penangkaran terpisah. Harapannya, Hu Chun mencapai kematangan seksual, dia bisa mencurahkan energinya untuk menggoda Cai Tao.

"Mengidentifikasi datang birahinya itu memang agak susah, harus diamati terus. Tapi salah satu cirinya ingin kawin, panda betina mengerang-ngerang. Saat itu si jantan akan tertarik dan mencarinya," kata Jansen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipinjamkan Pemerintah China

Setelah dipastikan bahwa tanda-tanda tersebut adalah masa pubertas Hu Chun, tim ahli nantinya menyatukan sepasang panda dalam satu penangkaran.

"Selama masa pubertas hingga perkawinan itu kita amati terus perkembangannya. Kita datangkan tim dokter yang nangani ini dari China," pungkas Jansen.

Panda jantan Cai Tao dan betina Hu Chun menjadi hewan peliharan Taman Safari Indonesia. Dua sepasang panda ini dipinjamkan ke Indonesia oleh pemerintah China.

Tiongkok meminjamkan kedua panda itu kepada Indonesia selama 10 tahun sejak 28 September 2017.

"Kalau beranak, nanti anaknya harus dipulangkan ke China. Kita tidak boleh memeliharanya," kata dia. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.