Sukses

Ini Tantangan Tim Gabungan Padamkan Api di Gunung Lawu

Kebakaran lereng Gunung Lawu di Ngawi, Jawa Timur, meluas, sementara upaya pemadaman sulit dilakukan.

Liputan6SCTV, Ngawi - Kebakaran lereng Gunung Lawu di Ngawi, Jawa Timur, belum juga padam bahkan kini meluas. Api membakar sejumlah tanaman di petak 39-40, Resort Pemangku Hutan (RPH) Manyul, Dusun Kembang, Desa Girimulyo, Kecamatan Jorogo.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (5/9/2018), upaya pemadaman yang dilakukan petugas Perhutani yang dibantu anggota TNI terus dilakukan.

Namun, medan yang sulit dan kencangnya angin, membuat upaya pemadaman terhambat dilakukan. Kebakaran lereng Gunung Lawu sudah memasuki hari keempat, sementara penyebabnya belum diketahui.

Sementara itu, api yang membakar kawasan wisata Gunung Bromo, di Jawa Timur dinyatakan sudah padam. Meski demikian, pada titik-titik tertentu masih ada bara api yang sangat mungkin membakar tanaman lagi.

Tim gabungan menyisir mencari bara api dan berusaha melakukan pemadaman. Petugas bergerak dari savana dan bukit Teletubbies, hingga 15 kilometer menuju Kabupaten Lumajang dan Malang.

Akibat kebakaran tersebut, 60 hektare kawasan Gunung Bromo rusak parah. Bukit Teletubbies yang beberapa hari lalu masih hijau, kini berubah penuh abu. (Galuh Garmabrata)