Sukses

Jokowi Lantik 9 Gubernur Setelah Tak Ada Masalah Hukum

Prosesi pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih diawali dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Fokus, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik sembilan gubernur dan wakil gubernur terpilih di Istana Negara. Pelantikan ini merupakan tahap pertama dari total 17 gubernur dan wakil gubernur yang menang dalam Pilkada Serentak 2018.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (5/9/2018), pelantikan kesembilan gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada itu diawali penyerahan petikan keputusan Presiden kepada sembilan gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik.

Prosesi pelantikan selanjutnya dilakukan dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Kesembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur pemenang Pilkada Serentak 2018 ini dilantik, setelah tidak ada lagi persoalan hukum dari lawan yang dikalahkan.

Pelantikan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan tadi pagi di Istana Negara. Mereka yang dilantik adalah pasangan gubernur dan wakil gubernur dari Sumatera Selatan, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Timur. 

 

Sedangkan empat pasangan sisanya dilantik menunggu hingga periode masa jabatan gubernur sebelumnya berakhir, yaitu 27 Juni 2018. (Muhammad Gustirha Yunas)