Sukses

Tim Gabungan Sisir Titik Api di Kawasan Gunung Bromo

Banyak savana yang rusak dan berubah menjadi tandus akibat kebakaran di kawasan Gunung Bromo.

Liputan6.com, Probolinggo - Akibat kebakaran di kawasan Gunung Bromo di tiga kabupaten mengalami kerusakan parah dan gersang. Banyak savana yang rusak dan berubah menjadi tandus.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (5/9/2018), sekitar 300 personel tim gabungan menyisir sejumlah titik untuk mencari bara api yang masih menyala di Gunung Bromo. Kesempatan ini juga mereka gunakan untuk memadamkan api kecil yang terlihat menyala.

Dari hasil penyisiran di tiga wilayah, yakni Probolinggo, Lumajang, dan Kabupaten Malang, kerusakan Gunung Bromo akibat kebakaran cukup parah.

"Kita belum bisa pastikan karena masih ada yang mengeluarkan bara, itu masih ada kemungkinan timbul kebakaran, namun kita antisipasi semaksimal mungkin," kata Kepala Sektor Lautan Pasir TNBTS Subur.

Padang Savana Gunung Bromo terbakar sejak beberapa hari lalu. Akibat kebakaran, bukit teletubies yang sebelumnya masih nampak hijau kini berubah hitam dan dipenuhi abu sisa kebakaran. Begitu juga ilalang yang kini menjadi arang dan terlihat gersang. Sejumlah tanaman seperti edelwis pun ikut hangus terbakar. (Muhammad Gustirha Yunas)