Sukses

Ketua DPR Dorong Kemenpar Genjot Destinasi Wisata Halal

Belum semua daerah lokasi pelesiran memenuhi syarat sebagai destinasi wisata halal.

Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo memberi perhatian kepada sektor wisata halal. Pria yang akrab disapa Bamsoet itu berharap makin banyak daerah yang memiliki destinasi wisata halal.

Ia menilai, belum semua daerah lokasi pelesiran memenuhi syarat sebagai destinasi wisata halal. "Banyak yang baru mencapai level wisata ramah muslim," ujar Bamsoet.

Seperti dilansir Jawapos.com, Bamsoet mengharapkan Kementerian Pariwisata(Kemenpar) segera melakukan langkah taktis dalam membangun kesadaran pasar wisata halal.

Wakil rakyat dari Partai Golkar itu mendorong Kemenpar menggandeng pemerintah daerah, akademisi, pebisnis atau pelaku industri wisata, komunitas dan media.

Bamsoet mengharapkan kementerian yang kini dipimpin Arief Yahya itu membangun sinergi dengan unsur-unsur tersebut. "Ini demi mengakselerasi pengembangan destinasi wisata halal di Indonesia," tuturnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Kemenpar bersama Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), serta pemda di seluruh daerah segera melakukan sertifikasi bagi destinasi yang memenuhi sejumlah persyaratan sebagai wisata halal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlindungan Turis

Langkah itu juga demi perlindungan bagi turis yang menginginkan rasa aman dan nyaman dari aspek syariah saat berpelesir di destinasi wisata halal.

"Mengingat sertifikasi halal tersebut juga akan berdampak pada peningkatan kualitas hotel ataupun restoran, sehingga mampu mendongkrak daya saing di tengah ketatnya persaingan bisnis wisata," pungkasnya.

Saksikan artikel Jawapos.com lain di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.