Jadi Tuan Rumah Asian Games 2022, Bendera China Juga Dikibarkan di GBK

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 02 Sep 2018, 20:09 WIB
Diperbarui 04 Sep 2018, 19:13 WIB
Penyerahan tuan rumah

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 resmi ditutup pada Minggu 2 September 2018. Penutupan dilakukan oleh Presiden Olympic Council of Asia (OCA), Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah.

"Asian Games 2018 saya nyatakan ditutup secara resmi," kata Sheikh Ahmad di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Ia memuji Indonesia yang dianggap sukses besar menggelar pesta olahraga bangsa-bangsa Asia. "Indonesia, terimakasih banyak," kata Presiden OCA asal Kuwait itu.

Setelah itu digelar penyerahan obor dan bendera Asian Games dari pihak Indonesia ke pihak China, di mana Hangzhou akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022.

Kemudian, bendera China dikibarkan, diiringi lagi kebangsaan Tiongkok. Menyusul kemudian digelar pertunjukkan dari tuan rumah berikutnya.

Hal yang sama juga terjadi pada penutupan Asian Games 2014, kala itu, bendera Indonesia juga dikibarkan di Incheon, Korea, bersebelahan dengan Bendera Korsel.

Tema upacara penutupan di Incheon 2014 adalah "Our Cherished Memories of Incheon".

Urutan acara menampilkan pertunjukan dari 'Rainbow Choir', National Dance Company of Korea, rombongan tari National Gugak Center dan demonstrasi seni bela diri tradisional Korea Taekwondo, yang merupakan olahraga medali di Olimpiade, dan pertunjukan oleh drummer Serotonin Club. Sejumlah artis K-Pop Korea Selatan juga tampil dalam penutupan.

 

2 of 2

Kota Hangzhou Bersiap

Closing ceremony Asian Games 2018
Seluruh kontingen Asian Games 2018 kembali menjalani defile pada closing ceremony di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018) malam WIB. (Bola.com/Wiwig Prayugi)

Penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang baru saja berakhir, tetapi persiapan untuk edisi ke-19 tahun 2022 mendatang sudah berjalan sejak 2018 ini.

Kota kuno China, Hangzhou, yang terkenal akan danau dan kuilnya yang indah, akan menjadi tuan rumah Asian Games empat tahun mendatang.

Tempat-tempat olahraga dan jalur kereta api baru sedang dibangun, dalam apa yang dilihat sebagai peluang untuk mempercepat pembangunan di kota yang berkembang pesat, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (2/9/2018).

Dijuluki "teratai raksasa" oleh penduduk setempat, Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou, yang direncanakan akan selesai pada bulan September, dapat menampung 80.000 orang dan akan menjadi lokasi berlangsungnya Asian Games pada tahun 2022.

 

Lanjutkan Membaca ↓