Estafet Indonesia ke Tiongkok Warnai Upacara Penutupan Asian Games 2018

Oleh Sunariyah pada 02 Sep 2018, 18:56 WIB
Diperbarui 04 Sep 2018, 18:13 WIB
Wow, Pesta Kembang Api Menakjubkan Semarakkan Pembukaan Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Keberhasilan penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan warisan sejarah bagi bangsa Indonesia, sekaligus menegaskan kebangkitan Indonesia di antara negara-negara Asia.

Di Asian Games 2018 ini, Indonesia menorehkan kesuksesan terbesar sepanjang sejarah keikutsertaannya dengan mempersembahkan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 perunggu, sehingga menempatkan Indonesia pada posisi empat besar.

"Asian Games 2018 berhasil membangkitkan nilai persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Sungguh membuat haru dan bangga ketika merasakan seluruh energi rakyat Indonesia bersatu padu mendukung atlet Indonesia berjuang demi kehormatan Tanah Air dan secara bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018," demikian keterangan tertulis dari Kantor Staf Presiden, yang diterima, Minggu (2/9/2018).

Dimulai dari upacara pembukaan yang spektakuler, pemecahan rekor-rekor baru, hingga antusiasme masyarakat yang membludak, Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang sejak 18 Agustus hingga 2 September berhasil membuat kagum banyak orang di dunia.

"Pujian terus mengalir bagi Indonesia karena berhasil menyelenggarakan sebuah multi-sport event yang berprinsip "beyond sports". Indonesia telah membuat standar tinggi, tidak hanya bagi tuan rumah selanjutnya, Hangzhou di Tiongkok, tetapi juga bagi Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 2020," demikian keterangan Kantor Staf Presiden.

 

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

2 of 2

Asian Games 2022 di Hangzhou

Dengan berakhirnya Asian Games 2018, Indonesia harus menyerahkan tongkat estafet ke Tiongkok yang akan menyelenggarakan perhelatan serupa pada 2022 di Hangzhou.

Serah terima secara resmi akan dilaksanakan pada Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Seperti saat Indonesia menerima penghormatan di Upacara Penutupan Asian Games 2014 Incheon di Republik Korea, pada penutupan ini, akan dikibarkan juga bendera Tiongkok diiringi lagu kebangsaannya oleh OCA.

Pengibaran bendera ini merupakan salah satu prosesi serah terima yang selalu berlangsung di Upacara Penutupan Asian Games.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓