Sukses

BMKG: Gempa Lombok Magnitudo 5,3 Tak Berpotensi Tsunami

Gempa kembali mengguncang Lombok, NTB, pada pukul 07.15 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali mengguncang Lombok, NTB, pada pukul 07.15 WIB dengan magnitudo 5,3. Gempa tektonik tersebut terletak di koordinat 8,15 lintang selatan dan 116,37 bujur timur, atau tepatnya laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Mataram, pada kedalaman 16 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar naik Flores (Flores Back Arc Thrust)," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono kepada Liputan6.com, Minggu (2/9/2018).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

"Guncangan gempa Lombok ini dilaporkan dirasakan oleh masyarakat di daerah Lombok Utara, Lombok Barat, dan Kota Mataram dalam skala intensitas II-III MMI, serta Lombok Tengah II MMI," ujar dia.

Meskipun warga sempat panik, hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Aktivitas gempa Lombok ini masih merupakan rangkaian gempa susulan," kata Daryono.

Untuk itu, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

 

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.