Cerita Kocak Atlet Asing Asian Games 'Terjebak' Makanan Khas Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 29 Agu 2018, 08:55 WIB
Wisma atlet Asian Games 2018 di Palembang

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 bukan cuma soal persaingan atlet memperebutkan medali di ajang pertandingan. Tak dimungkiri kehadiran atlet internasional yang berinteraksi dengan kultur Indonesia memberi warna tersendiri.

Di tengah gegap gempita ajang Asian Games 2018 di Indonesia, ada sekelumit cerita lucu dari para kontingen asing. Di mana mereka 'terjebak' dengan makanan-makanan khas Indonesia.

Meski disediakan oleh panitia, namun mereka ingin mencicipi menu makanan Indonesia. Berikut ceritanya:

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 of 4

Saat Pesan Nasi Gila dan Rawon Setan

Seorang kontingen Asian Games asal Thailand kebingungan saat datang ke pusat jajanan di samping Jakarta Convention Center (JCC), Komplek GBK Senayan Jakarta. Dia bingung lantaran makanan yang tertera kebanyakan menu lokal seperti soto betawi, sate kikil, rawon, bihun goreng, pecel lele atau tempe penyet.

Lantaran tidak ada yang berbahasa Inggris dia berusaha mencari padanan menu tersebut dalam bahasa Inggris melalui mesin penerjemah Google. Dia kebingungan dan berusaha menanyakan kepada pelayanan saat memesan nasi goreng gila yang tertulis crazy fried rice dan rawon setan atau yang tertulis satan rawon dalam mesin penerjemah Google.

Beruntung datang seorang relawan (volunteer) yang mencoba memberi penjelasan dengan mengatakan bahwa menu itu hanya sebuah istilah, tidak seseram namanya.

 

3 of 4

Nenggak Bir Pletok Betawi

Beberapa waktu lalu belasan atlet asing Asian Games mengunjungi Kampung Betawi di setu Babakan, Jakarta Selatan. Mereka pun disuguhi berbagai macam makanan dan minuman khas Betawi, salah satunya bir pletok.

Mereka mengira yang disuguhkan itu adalah bir sungguhan. Alhasil mereka terkejut tak menemukan sensasi alkohol ketika meminumnya.

Ada pula yang sampai tersedak ketika minum lantaran rasa yang dinilai aneh. "Sangat pedas dan rasanya seperti obat," ucap Atlet renang Uzbekistan, Aleksey Tarasenko.

 

4 of 4

Santan Kemasan Dikira Air Kelapa

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial, kini tengah diramaikan dengan beredarnya foto kontingen asal Tiongkok yang membawa santan kemasan layaknya minuman kemasan yang biasa kita konsumsi.

Foto yang pertama kali diunggah akun @rlthingy, memperlihatkan seorang pria yang mengenakan pakaian putih dengan logo bendera Tiongkok tengah sibuk merapikan barang-barangnya di sebuah tempat. Namun uniknya, warganet tertarik dengan sebuah minuman yang dipegang di tangan kiri pria itu.

"Tolong siapapun kasih tau kontingen China ini santen bukan air kelapa. aq receh," tulis akun @rlthingy.

Minuman tersebut tampak tak asing bagi warganet. Kotak putih dengan logo kelapa yang dipegang pria itu mirip dengan santan kemasan yang biasa digunakan warganet untuk memasak maupun membuat kue.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓