Sukses

Kemensos Yakin Pergantian Menteri Tak Ganggu Penanganan Gempa Lombok

Harry mengatakan, Kemensos memiliki Rancangan Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) sendiri. Sehingga pergantian menteri tidak akan terlalu berpengaruh besar.

Liputan6.com, Jakarta - Idrus Marham mengundurkan diri sebagai Menteri Sosial (Mensos) karena terlibat kasus dugaan suap PLTU Riau-1 di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Posisi Idrus digantikan Agus Gumiwang Kartasasmita yang telah dilantik Presiden Joko Widodo.

Menurut Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat, pergantian posisi menteri dalam waktu singkat ini tidak akan menganggu kinerja Kementerian Sosial. Terutama dalam menangani korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami yakin bahwa ada pergantian menteri tidak akan mempengaruhi dalam konteks mendegradasi sistem yang sudah dibangun karena memang di Kemensos berbagai penanganan masalah sosial dilakukan melalui pendekatan sistem ditambah dengan ide gagasan dan program-program yang responsif kepada situasi-situasi aktual," kata Harry dalam diskusi bertajuk 'Lombok, status bencana dan kita' di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/8/2018).

Harry mengatakan, Kemensos memiliki Rancangan Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) sendiri. Sehingga pergantian menteri tidak akan terlalu berpengaruh besar.

"Kita kan punya sistem RPJMN sampai ke rencana kegiatan yang harus diikuti sesuai peratiran perundang-undangan. Menteri kan memberikan arahan-arahan kebijakan yang aktual respinsif," ungkap dia.

Dia mengatakan, bekerja di Kemensos memang mengharuskan menteri bekerja cepat.

"Tapi on the track harus pada sasaran yang telah didtetapkan, itu Insyaallah Kemensos akan continue dengan sistem yang berlaku," ucap Harry.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan Agus Gumiwang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri. Pelantikan Agus sebagai Mensos digelar di Istana Negara, Jakarta sekitar pukul 15.30 WIB, Jumat 24 Agustus 2018.

Pelantikan Agus berdasarkan Keppres Nomor 148p Tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode tahun 2014-2019.

"Bersediakah saudara diambil sumpah menurut agama Islam?" kata Jokowi saat mengambil sumpah Agus sebagai Menteri Sosial, Jumat.

"Bersedia," jawab Agus.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.