Sukses

Pemerintah Gelontorkan Rp 4 Triliun untuk Penanganan Gempa Lombok

Pramono membantah kalau pemerintah hanya menggelontorkan dana Rp 38 miliar untuk penanganan bencana di Lombok.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyebut bahwa pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp 4 triliun untuk penanganan korban bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Anggarannya Rp 4 triliun lebih," ujar Pramono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Menurut Pramono, anggaran sebesar itu di antaranya akan digunakan untuk merehabilitasi bangunan yang rusak akibat gempa.

Besarannya, kata dia, dari Rp 10 juta hingga Rp 50 juta tiap bangunan, tergantung kerusakan yang dialami.

"Berapapun rumah itu, dibagi menjadi tiga klasifikasi, berat, ringan, sedang. Itu saja angkanya sudah besar sekali," ucap Pram.

Dia pun membantah bahwa pemerintah hanya menggelontorkan dana Rp 38 miliar untuk penanganan bencana di Lombok.

"Jadi kalau kemudian para politisi ada yang mengembangkan bahwa dananya itu Rp 38 miliar, yang bersangkutan tidak punya empati terhadap persoalan yang terjadi di Lombok," terang Pram.

Pram menambahkan bahwa anggaran sebesar Rp 4 triliun bisa saja bertambah. "Itu bisa nambah. karena kan berapa yang rusak nanti akan ditangani," tandas dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.