Sukses

Kabareskrim Awasi Pengusutan Kasus Narkoba Richard Muljadi

Campur tangan Mabes Polri dilakukan agar penyidikan kasus narkoba Richard Muljadi tersebut berjalan sesuai prosedur tanpa adanya intervensi pihak mana pun.

Liputan6.com, Jakarta - Kabareskrim Polri Irjen Arief Sulistyanto memerintahkan anak buahnya menangani kasus narkoba yang menjerat Richard Muljadi secara profesional. Dia bahkan menugaskan Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto melakukan supervisi ke Polda Metro Jaya yang menangani kasus tersebut.

"Dari tadi malam saya sudah perintahkan ke Dir Narkoba Brigjen Eko. Saya baca berita link-nya, saya kirimkan, saya perintahkan lakukan supervisi," ujar Arief di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/2018).

Campur tangan Mabes Polri dilakukan agar penyidikan kasus tersebut berjalan sesuai prosedur tanpa adanya intervensi pihak manapun. Apalagi Richard diketahui sebagai cucu salah satu konglomerat ternama di Indonesia.

"Kepada Kapuslabfor segera kirim bantuan teknis. Makanya saya kirimkan beberapa fotonya, diambil (sampel) rambutnya, darahnya, itu bentuk supervisi dan asistensi. Insyaallah semua berjalan sesuai prosedur hukum," ucap Arief.

Sebelumnya, Richard Muljadi ditangkap penyidik Polda Metro Jaya saat berada di toilet salah satu restoran di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, pada Rabu, 22 Agustus 2018 dini hari. Dia diduga usai mengonsumsi narkoba jenis kokain.

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita dua barang bukti, yakni ponsel iPhone X yang di layarnya terdapat serbuk putih dan selembar uang kertas dolar Australia yang juga terdapat serbuk putih. Diduga serbuk putih tersebut merupakan kokain sisa pakai.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keterangan Berubah-ubah

Hingga hari ini, kepolisian masih memeriksa Richard Muljadi yang diduga mengonsumsi kokain di sebuah restoran di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Namun, hasil pemeriksaan Richard masih menyampaikan keterangan berubah-ubah.

"Dia masih berubah-ubah, dia sudah kasih keterangan tapi ditanya lagi dia bilang bukan ini, jadi belum kita bisa jadikan patokan untuk melangkah lebih lanjut penyidikannya," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan di Polda Metro Jaya, Kamis (23/8/2018).

Dalam penangkapan itu, Suwondo telah memerintahkan anak buahnya untuk menggeledah kediamannya. Hal ini untuk mencari bukti tambahan.

"Sudah kita lakukan (penggeledahan). Di rumah yang bersangkutan, rumah R, ada 2 rumah dia kita geledah, terus CCTV restoran kami ambil. Kami kerjakan dari Rabu dini hari sampai tadi pagi," ujar Suwondo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.