Jokowi, JK dan Megawati Berkurban Sapi di Masjid Istiqlal

Oleh Liputan6.com pada 22 Agu 2018, 09:02 WIB
Diperbarui 24 Agu 2018, 08:13 WIB
Sapi simental yang dibeli Jokowi di Sulawesi Barat (Fauzan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyerahkan hewan kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dirinya kepada Masjid Istiqlal. Jokowi berkurban sapi seberat 1,5 ton dan 1,4 ton oleh JK.

Penyerahan hewan kurban dilakukan setelah JK melaksanakan salat Idul Adha, Rabu (22/8/2018). JK terlihat ditemani sang istri Mufidah Jusuf Kalla dan Ketua MPR Zulkifli Hasan, serta Menpora Imam Nachrawi.

"Idul Adha hari raya kurban ini saya menyerahkan kurban atas nama bapak presiden dan saya untuk diberikan kepada yang berhak untuk menerimanya pada hari raya kurban," kata JK saat penyerahan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Penyerahan secara simbolik diterima oleh Dirjen Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin.

"Dengan mengucap Alhamdulillahhirobbilalamin kami terima hewan kurban dari bapak Presiden dan keluarga. Dan bapak wapres selanjutnya akan kami sampaikan kepada yang berhak," kata dia.

Setelah melakukan penyerahan, JK, serta Zulkifli Hasan bergegas meninggalkan masjid. Dalam satu rombongan mobil mereka pergi dengan pengawalan ketat.

Kepala Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Asep Syaefuddin mengatakan terdapat 26 sapi dan 17 kambing. Selain Jokowi dan JK, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri juga berkurban di Masjid Istiqlal. Rencananya pemotongan hewan kurban akan dilakukan pada pukul 16.00 WIB.

"Insyaallah sore akan dilaksanakan (penyembelihan) sapi 26, ada (kurban) dari pak Presiden, Wapres, ada dari Megawati dan lain-lain. Dan kambing ada 17 ekor," ujarnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: