Sukses

Gempa Magnitudo 4 Kejutkan Warga Padang

BMKG memastikan gempa sore tadi tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi magnitudo 4,0 pukul 17.25 WIB, Senin (20/8/2018) mengejutkan warga Padang, Sumatera Barat. Sebab, getaran yang mereka rasakan cukup kuat.

"Gempa berlokasi di Pariaman tepatnya 0,89 lintang selatan, 100,22 bujur timur atau 32 kilometer tenggara Pariaman dengan kedalaman 10 kilometer," kata Pelaksana Tugas Kepala Stasiun Geofisika Klas I BMKG Padang Panjang Fajar Dwi Prasetyo saat dihubungi dari Padang, Senin.

Namun, belum ada gempa susulan hingga saat ini. Dia pun mengimbau masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Khusus masyarakat di daerah pesisir, dia mengimbau agar tidak terpancing isu tsunami. Dia memastikan lindu sore tadi tidak berpotensi tsunami.

Dia menjelaskan, jika dilihat dari kedalaman pusat gempa, lindu itu masuk kategori dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar bawah laut (sea floor faulting) antara Siberut dan pantai barat Sumatera Barat.

Analisis mekanisme sumber, kata dia seperti dilansir Antara, menunjukkan gempa bumi dipicu penyesaran mendatar.

Mekanisme sumber itu, kata dia, sesuai dan relevan dengan kondisi sesar bawah laut yang memiliki pergerakan mendatar di kedalaman 10 km di daerah tersebut.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berayun

Salah seorang warga Padang, Sofia, mengaku saat itu sedang duduk di depan meja komputer, sedangkan gempa terasa menyentak dan membuat ia beranjak ke luar ruangan.

"Gempanya cukup lama awalnya menyentak kemudian berayun," ujarnya.

Warga lainnya, Nugroho, mengaku getaran gempa dirasakan dalam ruangan.

Berdasarkan pantauan di kawasan Kampung Nias, Padang Selatan, usai gempa, beberapa warga terlihat berada di luar ruangan untuk menyelamatkan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • gempa Padang