Sukses

Ruas Jalan di Pelabuhan Kayangan Lombok Retak usai Diguncang Gempa

Gempa juga membuat warga yang masih trauma akibat gempa dua pekan lalu panik dan berhamburan di jalanan.

Liputan6.com, Lombok - Gempa 7 SR, Minggu malam, menambah kerusakan infrastruktur yang ada di Pulau Lombok, NTB. Dalam video amatir terlihat sejumlah ruas jalan di kawasan Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur, retak.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (20/8/2018), gempa juga membuat warga yang masih trauma akibat gempa dua pekan lalu panik dan berhamburan di jalanan. Sebagian warga akhirnya memilih bermalam di mobil bak terbuka.

Gempa Minggu malam berpusat 30 kilometer timur laut Pulau Lombok, tepatnya pada koordinat 8 derajat, 28 menit lintang selatan, dan 116 derajat 71 menit bujur timur pada kedalamam 10 kilometer. Selain di Pulau Lombok, getaran gempa juga dirasakan di Pulau Bali, Sumbawa, dan Makassar.

Tidak lama setelah gempa 7 SR di Lombok Timur, sebuah kebakaran hebat melanda ratusan rumah di Pulau Bungin, Sumbawa. Kebakaran dipicu ledakan pada gardu listrik yang roboh akibat guncangan gempa.

Percikan api dari gardu menyambar lapak penjual BBM dan langsung membesar dan menjalar ke bangunan di sekitarnya.

Upaya pemadaman sulit dilakukan karena sempitnya akses jalan yang menghubungkan pulau hasil reklamasi itu dengan daratan utama Pulau Sumbawa.

Warga hanya bisa memadamkan kebakaran dengan peralaan seadanya. Akibat kebakaran ini, ribuan warga Pulau Bungin kehilangan tempat tinggal. (Rio Audhitama Sihombing)Â