Sukses

DPR: Keamanan Asian Games Jadi Ujian Pertama Wakapolri Baru

Menurut Taufik, apabila dari sisi keamanan sudah dipastikan, maka itu menjadi dukungan nyata pada penyelenggaraan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan meminta Wakil Kapolri yang baru Komjen Pol Ari Dono harus langsung bekerja cepat menjaga keamanan dalam ajang Asian Games 2018.

"Langkah pertama yang harus dihadapi Wakapolri baru khususnya, dan Polri pada umumnya adalah Asian Games yang dibuka malam ini. Polri juga berperan untuk menciptakan suasana aman dan terkendali," kata Taufik dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (18/17/2018). 

Hal itu dikatakannya terkait rotasi jabatan yang dilakukan di internal Polri yaitu Komjen Pol Ari Dono dilantikan menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Pol Syafruddin yang diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sedangkan Irjen Pol Arief Sulistyanto dilantik sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri menggantikan Komjen Pol Ari Dono.

Menurut Taufik, apabila dari sisi keamanan sudah dipastikan, maka itu menjadi dukungan nyata pada penyelenggaraan Asian Games 2018.

Taufik menilai suasana aman dan kondusif selama Asian Games, dengan adanya dukungan dari Polri, bisa membuktikan kepada seluruh negara bahkan dunia bahwa Indonesia aman dan mampu mengadakan kegiatan internasional.

Selain itu, dia berharap Wakapolri dan Kabareskrim yang baru dapat mendukung kinerja Kapolri apalagi tahun ini dan tahun mendatang dikatakan sebagai tahun politik.

"Tahun depan kita menghadapi Pemilu 2019, yaitu Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif diadakan secara serentak. Keamanan dan suasana kondusif harus diciptakan oleh Polri, termasuk netralitas, juga harus diutamakan," ujar Taufik seperti dilansir dari Antara.   

Sementara itu, pemilihan Arif Sulistyanto sebagai Kabareskrim juga didasarkan kinerja. Tito menilai banyak terobosan yang dilakukan Arief selama menjadi Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri sejak 2017

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Untuk Bareskrim Baru

Sementara, Taufik menilai untuk Arief Sulistyanto yang dilantik sebagai Kabareskrim, diharapkan dapat menegakkan hukum secara proporsional dengan memberlakukan semua orang sama di depan hukum.

Dia pun mendorong berbagai kasus yang tertunda penyelesaiannya, dapat segera dituntaskan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melantikKomjen Pol Ari Dono sebagai Wakapolri dan Irjen Pol Arief Sulistyanto sebagai Kabareskrim pada Jumat (17/8). Dia mengatakan pemilihan Ari Dono sebagai Wakapolri sudah diperhitungkan dengan matang, dan dirinya sudah mengkonsultasikan dengan Presiden Jokowi.

Tito menilai Ari Dono sukses menjalankan tugas sebagai Kabareskrim dan sosok yang tepat menjabat sebagai Wakapolri karena memiliki sikap yang melengkapi kepemimpinan di Polri.

"Beliau termasuk yangtenang, dan saya yakin akan menjadi rekanyang baik untuk mendukung tugas-tugas saya sebagai Kapolri," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.