Sukses

Pembukaan Asian Games, 5 Ruas Jalan Sekitar GBK Besok Ditutup

Lima ruas jalan yang dimaksud yakni Jalan Hang Lekir dan Jalan Moestopo. Pengendara yang akan mengarah ke Jalan Asia Afrika nantinya akan dialihkan ke arah Jalan Hang Tuah Raya.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas Mabes Polri meninjau ruas jalan yang akan ditutup ataupun dialihkan jelang pembukaan Asian Games Sabtu besok, 18 Agustus 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Sedianya, ada lima ruas jalan yang akan dialihkan.

Kepala Korlantas Brigjen Royke Lumowa mengatakan, pengalihan arus lalu lintas seputar GBK akan diberlakukan pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB. Meski acara dibuka pukul 19.00 WIB, Royke memprediksi masyarakat ataupun para tamu undangan akan berdatangan ke area GBK sekitar pukul 14.00 WIB.

Untuk tidak menimbulkan kepadatan saat pembukaan Asian Games, pihaknya bersama Polda Metro Jaya akan mensterilkan lima ruas jalan tersebut lebih awal.

"GBK dan sekitarnya kami akan melakukan sterilisasi untuk lalinnya di titik-titik tertentu, pukul 10.00 WIB sudah mulai ada sterilisasi," ujar Royke usai meninjau lima ruas jalan sekitar GBK, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Lima ruas jalan yang dimaksud yakni Jalan Hang Lekir dan Jalan Moestopo. Pengendara yang akan mengarah ke Jalan Asia Afrika nantinya akan dialihkan ke arah Jalan Hang Tuah Raya.

Sementara di sisi Barat area GBK, ada pengalihan pada Jalan Palmerah. Pengendara dari arah Manggala Wanabakti diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar, Permata Hijau.

"Jadi dari arah Manggala Wanabakti sudah tidak bisa ke kiri (menuju Jalan Asia Afrika) karena ini sudah area steril," ujarnya.

Selanjutnya, Jalan Patal Senayan akan ditutup meski bersifat fleksible. Para tamu undangan atau warga setempat yang ingin menyaksikan pembukaan Asian Games bisa melewati jalan tersebut. "Nanti ada pertigaan yang keluarnya itu Jalan Asia Afrika itu ditutup total," imbuh Royke.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Pintu I Senayan

Terakhir, Jalan Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan akan ditutup. Bagi pengendara dari arah Bundaran Senayan akan diarahkan lurus menuju Semanggi.

Sementara pintu masuk FX Sudirman melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan dan pintu keluar melalui Jalan Pintu Senayan akan ditutup.

Royke mengimbau masyarakat menggunakan moda transportasi umum selama pemberlakuan pengalihan arus lalu lintas ataupun penutupan jalan sekitar GBK.

"Kami imbau seluruh warga yang akan melintasi ruas jalan tersebut menggunakan moda transportasi umum," tukasnya.

"Atau alternatifnya, pengendara pribadi menggunakan jalur tol," tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.