Sukses

Zanati Tahta, Pembawa Baki Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka

Paskibraka yang bertugas membawa baki Sang Saka Merah Putih adalah Zanati Tahta Umahati dari Sumatera Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara penurunan Bendera Merah Putih di HUT Kemerdekaan ke-73 RI mulai berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018) sore. Bertugas pada penurunan bendera ini adalah Tim Bangsa.

Adapun Paskibraka yang bertugas adalah Nikanor Yafed Malakabu dari Papua Barat sebagai Komandan Kelompok (Danpok) 17, M Genta Lambang dari Lampung didapuk menjadi Danpok 8, Ananda Micola Paskibraka asal Jawa Timur sebagai Penggerek, dan Dyka Ade Susilo, Kalimantan Selatan, sebagai Pembentang.

Sedangkan Paskibraka yang bertugas membawa baki Sang Saka Merah Putih adalah Zanati Tahta Umahati dari Sumatera Selatan.

Selama pendidikan dan pelatihan di Cibubur, Jakarta Timur, Paskibraka kelahiran 15 September 2002 tersebut cukup sering dilatih membawa baki dan sebagai baki cadangan. Biasanya, bila dia yang jadi pembawa baki cadangan, pembawa baki adalah Sarah dari DKI Jakarta.

Namun, begitu masuk gladi kotor sampai gladi bersih, Tahta cukup sering dilatih secara intens untuk menerima mengembalian bendera yang sudah diturunkan kepada Presiden Joko Widodo.

Pada upacara sore ini, yang bertugas menjadi pembawa baki cadangan adalah Fuji, Paskibraka asal Sumatera Barat.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.